Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal
<p>Jurnal Al Athfal adalah Jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini STAINU Purworejo, dengan ISSN <strong><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1504526937" target="_blank" rel="noopener">2615-482X</a></strong>. Jurnal ini fokus pada Kajian Perkembangan anak dan Manajemen Pendidikan usia dini, yang terbit dua kali setahun. Redaksi menerima tulisan mengenai kajian Perkembangan anak dan Manajemen Pendidikan usia dini dalam bentuk artikel ilmiah, hasil penelitian. Panjang tulisan maksimal 20 halaman, minimal 15 halaman, A4 1,5 spasi font calibri, diserahkan dalam bentuk <em>file format, doc. </em><em>, </em>dengan <em>sa</em><em>ve </em><em>W</em><em>ord 2007-3003</em>. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, peneliti, profesional, dan mahasiswa dalam disiplin ilmu Perkembangan anak dan Manajemen Pendidikan usia dini untuk dipublikasikan melalui seleksi. Tulisan dikirimkan langsung ke Redaksi <a href="http://www.ejournal.stainupurworejo.ac.id/index.php/Al-athfal">http://www.ejournal.stainupwr.ac.id/ </a>atau [email protected] Redaksi berhak menyunting tanpa mengurangi maksud tulisan. </p>en-US[email protected] (Al Athfal)[email protected] (Nurjanah)Wed, 26 Jun 2024 11:52:25 +0000OJS 3.1.1.2http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60Analisis Nilai Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Film Animasi Baby Bus
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/606
<p>Nilai sosial emosional adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan anak. Film animasi dapat menjadi alternatif untuk mengembangkan aspek sosial emosional anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilainilai sosial-emosional untuk anak usia 4-5 tahun yang terkandung dalam episode "Kita Harus Bersopan Saat Di Restoran" dari film animasi BabyBus. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research). Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai sosial emosional sesuai dengan STPPA anak usia 4-5 tahun. Nilai sosial emosional tersebut meliputi aspek kesadaran diri dan juga aspek sikap prososial. Selain itu juga terdapat nilai sosial emosional sesuai kurikulum merdeka pada elemen jati diri yaitu mengenali, mengekspresikan, emosi diri. Membangun hubungan sosial secara sehat. Mengenal dan memiliki perilaku positif terhadap diri dan lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat, negara, dan dunia).</p>Rizky Anik Fitriyah, Tri Utami
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/606Wed, 26 Jun 2024 11:52:02 +0000Strategi Efektif Guru dalam Mengimplementasikan Sekolah Inklusi pada Lembaga PAUD
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/622
<p><em>Inclusive schools are one of the main focuses of education policy in many countries, including Indonesia.</em> <em>The implementation of inclusive schools has experienced various kinds of problems and difficulties. These problems are also felt by teachers in early childhood education institutions.</em> <em>Teachers agree with the implementation of inclusive schools, but in implementing them they face various kinds of problems.</em> <em>This research aims to describe the problems faced by teachers in implementing inclusive schools and tries to provide effective strategies in dealing with these difficulties.</em> <em>This research uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation.</em> <em>The interview technique used was a semi-structured interview.</em> <em>Source triangulation and techniques are used to check the validity of the data.</em> <em>T</em><em>he research location in TK</em><em> Al</em><em> Qudwah Kids Center</em><em>, Salatiga.</em> <em>The results of the research are that the problems faced by teachers in implementing inclusive schools are the lack of knowledge about inclusive education, parents not wanting to be open with the true condition of their children, and inadequate facilities and infrastructure.</em> <em>Given these problems, teachers look for strategies to overcome them by conducting initial screening on students, collaborating with psychologists, frequently communicating with parents, and attending seminars and training on inclusive education.</em></p>Ibdaul Latifah, Winda Noor Fadila
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/622Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0000INTERNALISASI NILAI RELIGIUS “ FILM ALIF DAN ALYA ” DALAM PENGEMBANGAN NILAI AGAMA DAN BUDI PEKERTI ANAK USIA DINI DI RA MASYITHOH BUTUH
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/629
<p><em>Sikap anak RA Masyithoh Butuh yang belum mencerminkan nilai agama dan budi pekerti yang baik menjadi latar belakang dalam peneelitian ini. Adanya anak yang kasar dengan cara membentak. Selain itu terdapat anak yang mendorong temannya ketika sedang bermain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui nilai religius, strategi, dan hasil dari implementasi internalisasi dari Film Alif & Aliya dalam mengembangkan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di RA Masyithoh Butuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah lapangan (field research), dimana sampel yang diambil yaitu dua guru dan lima orang siswa di RA Masyithoh Butuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius Film Alif & Alya yang diinternalisasikan dalam mengembangkan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di RA Masyithoh Butuh yaitu berdoa sebelum tidur, ibadah puasa, zakat fitrah dan berbagi kepada sesama, serta berdoa sebelum makan. Strategi internalisasi nilai religius dari Film Alif & Alya untuk mengembangkan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di RA Masyithoh Butuh yaitu melalui metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasihat. Hasil implementasi internalisasi nilai religius dari Film Alif & Alya untuk mengembangkan nilai agama dan budi pekerti anak usia dini di RA Masyithoh Butuh berupa siswa dapat dapat menerapkan dalam kehidupan tentang adab tidur yang baik, nilai dari ibadah puasa yaitu berkata jujur, nilai zakat fitrah yaitu berbagi kepada sesama, serta adab makan yang baik.</em></p>Desi Putri Cahyani
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/629Mon, 30 Sep 2024 11:54:42 +0000Analisis Pelaksanaan Asesmen Terhadap Peninjauan Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Iqra’
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/512
<p><em>The current curriculum changes have caused various obstacles experienced by teachers, one of which is that teachers feel confused about the new curriculum, namely the Independent Curriculum at all levels of education, especially Early Childhood Education. The aim of this research is to describe the assessments carried out by teachers to assess children's social emotional development at Iqro' Kindergarten. This research uses a qualitative descriptive approach through a case study approach. This research was conducted at the Iqra' Tunggul Hitam Kindergarten, Padang City in class B1. The data collection techniques used are library research, field research using observation, interviews and documentation methods. The research informants were teachers and school principals. The results of the research show that the assessment of aspects of children's social emotional development at Iqro' Kindergarten uses an anecdote note assessment format, checklist assessment and work results.</em></p>Alfisa Hasanah
##submission.copyrightStatement##
https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/512Sat, 26 Oct 2024 04:57:49 +0000