Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Psikomotorik Pada Pendidikan Anak Usia Dini

  • Nurjanah . STAINU Purworejo
Keywords: Penilaian, Psikomotor, Daftar Cek, Catatan Kejadian, Analisis Instrumen

Abstract

Artikel ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penilaian dalam ranah keterampilan. Dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar psikomotor dapat dilakukan dengan tes perbuatan atau tes unjuk kerja (performance test) atas keterampilan yang telah dikuasai peserta didik. Penilaian unjuk kerja merupakan penilaian yang yang dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu. Penilaian ini cocok digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik sholat, praktik olahraga, bermain peran. Teknik dan instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor yakni skala penilaian, daftar cek, danĀ  Anecdotal Record (Catatan Kejadian). Analisis instrumen evaluasi hasil belajar psikomotor dapat juga dianalisis secara teoriti (analisis kualitatif) maupun secara empirik (analisis kuantitatif).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-12-31
How to Cite
., N. (2019). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Psikomotorik Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 45-61. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/139