EFEKTIVITAS BERMAIN PASARAN MENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA ANAK KELOMPOK B TK PERTIWI KRAMATAN WONOSOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bermain pasaran, efektivitas bermain pasaran dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir logis dan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan berpikir logis antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada kelompok B TK Pertiwi Kramatan Wonosobo. Dari pelaksanaan pembelajaran, diperoleh skor tertinggi untuk kelompok eksperimen 46 dan skor terendahnya 33 dengan rata-rata 39,67. Sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh skor tertinggi 37 dan skor terendah 26 dengan rata-rata 32,87. Efektivitas di uji menggunakan uji gain dan didapatkan nilai sebesar 0,63 dengan kriteria Sedang dan persentase 63,46% yang masuk dalam kategori Cukup Efektif. Perbedaan peningkatan di uji menggunakan uji t dan analisis uji t dengan taraf signifikansi 1% dan 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung sebesar 3,071, ttabel 1% = 2,97 dan ttabel 5% = 2,144, berarti thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikir logis anak kelompok B TK Pertiwi Kramatan yang menggunakan pelaksanaan bermain pasaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dengan metode konvensional