MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN ANGIN BERTIUP DI RA MASYITHOH SUCENJURUTENGAH

  • Amin Ngamah
Keywords: Kemampuan, Mengenal Bilangan 1-10, Permainan Angin Bertiup

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui permainan angin bertiup. Indikator yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam menulis bilangan1-10, kemampuan anak dalam menghubungkan benda dengan angka dan kemampuan anak dalam menunjukkan bilangan 1-10.. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan 1-10 melalui permainan angin bertiup. Hal ini dapat dilihat dari menin/gkatnya kemampuan setiap indikator dari pelaksanaan pratindakan, tindakan siklus I, siklus II, dan siklus III. Hasil penelitian pada indikator kemampuan menulis angka 1-10 pra tindakan sebanyak 54,60% meningkat menjadi 66,66% pada siklus I, 75% pada siklus II dan 83,33% pada siklus III. Pada indikator menghubungkan benda dengan angka 1-10 pratindakan sebanyak 56,25% meningkat menjadi 68,75%pada siklus I, 72,91% pada siklus II dan 81,25% pada siklus III. Sedangkan pada indikator  menunjukkan angka 1-10 pada pra tindakan sebanyak 60,41% meningkat menjadi 75% pada siklus I, 75% pada siklus II dan 81,25% pada siklus III. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui permainan angin bertiup dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan 1-10 di RA.Masyithoh Sucenjurutengah

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14
How to Cite
Ngamah, A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN 1-10 MELALUI PERMAINAN ANGIN BERTIUP DI RA MASYITHOH SUCENJURUTENGAH. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i1.288