METODE STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 4 GIRIPURNO KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG

  • Novi Kurnia Sari STAINU Purworejo
  • Yuli anto
Keywords: : Metode STEAM, Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui metode STEAM di TK Pertiwi 4 Giripurno Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel 1 kelas penuh. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan tentang kajian STEAM dan kognitif pada anak usia dini. Secara Praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam mengenai metode STEAM yang berhubungan dengan kognitif anak sehingga mampu menambah wawasan yang lebih luas lagi. Dalam penelitian ini menggunakan tiga siklus, dengan hasil nilai rata-rata kemampuan kognitif siswa siklus I yaitu 2,69, Siklus II yaitu 2,86 dan Siklus III yaitu 3, 55. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) Penerapan metode STEAM dapat mengembangkan kognitif anak , 2) Pembelajaran menggunakan metode STEAM mampu mengasah saintifik, teknologi, engineering dan art pada anak yang mampu berhubungan dengan kemampuan yang ada pada diri anak, 3) Penerapan metode STEAM menambah wawasan guru dalam memilih strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan pada saat pembelajarn di dalam kelas dan disesuaikan dengan tujuan dari setiap pembelajaran yang diadakan selain itu juga dapat melatih keterampilan guru dalam mengelola kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-23
How to Cite
Kurnia Sari, N., & anto, Y. (2022). METODE STEAM UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PERTIWI 4 GIRIPURNO KECAMATAN BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(1), 33-40. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v5i1.289

Most read articles by the same author(s)