PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 DI RA DARUL QUR’AN DESA KETUG KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO

  • Devi Marliana stainu
Keywords: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar.

Abstract

Pada Masa Pandemi Covid 19 ini pembelajaran dilakukan  di rumah  secara daring atau online yang mana anak tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan teman maupun guru , sehingga melibatkan peran orang tua dalam memotivasi dan membimbing anak-anaknya di rumah menggantikan guru di sekolah. Anak usia dini sangat membutuhkan motivasi dalam kehidupannya terutama dalam motivasi belajar di masa pandemi covid 19. Hasil dari penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dihadapi diketahui bahwa motivasi siswa kelas B RA Darul Qur’an sebelum mendapatkan motivasi saat belajar di rumah merasa bosan, malas dan lebih suka bermain dan mengalami peningkatan setelah mendapatkan motivasi dari orang tua. Peran penting orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak yaitu petama peran orang tua sebagai motivator dan penyemangat, kedua peran orang tua sebagai pembimbing, ketiga peran orang tua sebagai fasilitator, dan keempat peran orang tua sebagai pengaruh, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah sulit membagi waktu antara bekerja dan membimbing anak di rumah , anak malas, bosan, dan sukanya bermain terus, harus menunggu mood anak dalam belajar, kuota internet boros, sinyal lemah, media pembelajaran tidak selengkap di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-04
How to Cite
Marliana, D. (2023). PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI DI MASA PANDEMI COVID 19 DI RA DARUL QUR’AN DESA KETUG KECAMATAN BUTUH KABUPATEN PURWOREJO. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(1), 46-56. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v4i1.290