PERAN ORANG TUA YANG SIBUK BEKERJA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI (USIA 4-5 TAHUN) SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI RA MUSLIMAT NU KEBONREJO 2 SALAMAN MAGELANG
Abstract
Masa pandemi covid-19 menyebabkan anak-anak lebih banyak belajar dari rumah bersama kedua orangtua. Bahwasanya sebelum masa pandemi orangtua sangat mendukung kegiatan anak baik yang didapatkan dari sekolah maupun ketika anak berada di rumah tetapi setelah masa pandemi ini terjadi orangtua banyak yang mengeluh dalam memberikan pembelajaran kemandirian kepada anak karena mereka termasuk orangtua yang sibuk bekerja. Mereka mengeluhkan repotnya mereka melakukan rutinitas utamanya juga harus mengajarkan anak belajar dari rumah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orangtua, faktor yang dihadapi dalam membentuk kemandirian serta bentuk-bentuk kemandirian selama masa pandemi covid-19 yang ada di RA Muslimat NU Kebonrejo 2 Salaman Magelang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode deskriptif kualitatif, sedangkan cara untuk pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa bentuk-bentuk kemanadirian yang ada selama masa pandemi covid-19 di RA Muslimat NU Kebonrejo 2 Salaman Magelang mengarah pada kemandirian emosional (kedekatan anak dengan orang tua), kemandirian tingkah laku (tanggung jawab pada diri anak) dan kemandirian nilai (anak bisa mengetahui benar dan salah). Peran orang tua dalam membentuk kemandirian anak selama masa pandemi covid-19 di RA Muslimat NU Kebonrejo 2 Salaman Magelang dapat dilihat pada peran orang tua sebagai fasilitator (orang tua terlibat dan ikut serta dalam kegiatan anak), peran orang tua sebagai motivator (pemberian motivasi dengan memberikan reward/hadiah dan juga punishment/hukuman) dan peran orang tua sebagai pengajar (membantu kesulitan anak, memberikan contoh dan nasehat pada anak). Faktor pendukung orang tua dalam membentuk kemandirian anak selama masa pandemi covid-19 di RA Muslimat NU Kebonrejo 2 Salaman Magelang antara lain (1) faktor internal yang terdiri dari kondisi fisiologi (kesehatan dan jenis kelamin) dan kondisi psikologi kecerdasan (mampu berpikir dengan baik), (2) faktor eksternal yang terdiri dari lingkungan yang baik dan rasa cinta dan kasih sayang. Faktor penghambat orang tua dalam membentuk kemandirian anak selama masa pandemi covid-19 di RA Muslimat NU Kebonrejo 2 Salaman Magelang antara lain terlalu melindungi anak, perhatian berlebih dari orang tua dan berpusat pada diri sendiri (sifat egois pada diri anak).