PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN SENI MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) DI TK NA.ZI.FA
Abstract
Seni merupakan kebutuhan psikologis yang harus terpenuhi, karena secara kontekstual keindahan menjadi salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi, sehingga seni dan keindahan menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Pengembangan aspek seni anak merupakan tugas dan tanggung jawab guru dalam lingkungan persekolahan, guru harus berupaya semaksimal mungkin untuk memotivasi dan mengajak anak dalam keikutsertaan pada kegiatan seni dengan menggunakan metode dan media yang menarik bagi anak. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran seni melipat (origami). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti menelit sebuah objek dan pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data verifikasi dan penegasan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan kegiatan seni melipat di TK Na.Zi.Fa menggunakan metode demonstrasi dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu : 1). Guru menyiapkan alat dan bahan yang di perlukan, 2). Guru menjelaskan alat dan bahan kepada anak, 3). Guru memberitahu mengenai apa yang akan dibuat dengan menggunakan kertas yang sudah dibagikan kepada anak, 4). Guru memulai tahap demi tahap sembari memberi arahan kepada anak dan membantu anak ketika ada yang kesulitan, 5) tahap akhir ketika sudah selesai guru meminta anak untuk menunjukkan hasil karya mereka dan meminta anak untuk menceritakan pengalaman mereka saat melakukan kegiatan melipat kertas dengan menanyakan “apakah kegiatan tersebut menyenangkan atau tidak ?” “apakah hal tersebut mudah untuk dilakukan oleh anak atau tidak?”