Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini

  • Ahmad Mushlih
Keywords: Manajemen Mutu Terpadu Pembelajaran, Minat belajar, Anak Usia Dini

Abstract

Tulisan ini menguraikan tentang pentingnya suatu lembaga pendidikan anak usia dini untuk menerapkan suatu manajemen mutu terpadu pembelajaran sebagai sarana menumbuhkan minat belajar. Lembaga pendidikan anak usia dini memiliki kewajiban menerapkan pembelajaran yang dapat memberikan stimulasi dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani anak usia dini. Teroptimalnya pertumbuhan dan perkembangan tersebut, perlu adanya suatu mekanisme pembelajaran yang dapat menumbuhkan minat belajar anak di sekolah.
Penerapan manajemen mutu terpadu pembelajaran menjadi salah satu cara pendidik di dalam ruang lingkup lembaga pendidikan anak usia dini untuk menumbuhkan minat belajar anak dengan berorientasi pada kepuasan pelanggan (pemberian berbagai pelayanan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, karakteristik dan modalitas belajar anak), respect terhadap anak didik (saling menghargai dan menghormati), manajemen berdasarkan fakta (memahami permasalahan pembelajaran yang bersifat prioritas dan variabilitas pendidik dalam menyampaian materi pembelajaran), dan perbaikan secara berkesinambungan (evaluasi dan perbaikan pembelajaran sesuai kebutuhan, modalitas belajar, dan karakteristik anak didik).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-10
How to Cite
Mushlih, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Anak Usia Dini. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 72-90. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/49