Manajeman Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta

  • Eca Gesang Mentari
  • Wahyu Purwasih
Keywords: Manajemen Pemasaran, Strategi Pemasaran

Abstract

Manajemen pemasaran pendidikan merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan pendayagunaan sumber daya yang dilakukan secara efisien dan efektif guna menawarkan jasa pendidikan. Rumusan penelitian ini yaitu bagaimana proses pemasaran manajemen pemasaran pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta, apa saja target yang ingin dicapai TK An Nur 1 Yogyakarta dengan pelaksanaan manajemen pemasaran, apa saja hambatan yang dihadapi TK An Nur 1 Yogyakarta dalam pelaksanaan manajemen pemasaran. Penelitian dilakukan di TK An Nur 1 Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran di TK An Nur 1 Yogyakarta berjalan dengan sangat baik serta mengikuti perkembangan zaman. Adapun beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh TK An Nur 1 Yogyakarta yaitu senantiasa meningkatkan mutu layanan pendidikan, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak guna memudahkan dalam pemasaran, memiliki ciri khas mendidik anak untuk sholeh dan mandiri, mengadakan berbagai kegiatan di pusat perbelanjaan, mengadakan perlombaan, dan bakti sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-10
How to Cite
Mentari, E., & Purwasih, W. (2018). Manajeman Strategi Pemasaran dalam Mempertahankan Mutu Pendidikan di TK An Nur 1 Yogyakarta. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 91-105. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/view/50