MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT

  • pasiningsih pasiningsih IAIN Kudus
Keywords: anak usia dini, kemampuan kerjasama, team games tournament

Abstract

 Latar belakang dari penelitian ini ialah kurangnya kegiatan yang dapat menstimulasi kemampuan kerjasama anak di sekolah tersebut. Meningkatkan kerjasama melalui metode bermain kooperatif tipe team games tornament menjadi solusi yang tepat untuk menstimulasi kemampuan kerjasama anak. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data berupa reduksi atau penyaringan data, penyajian data dan kesimpulan. Penelitian ini menunjukan bahwa meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun melalui metode bermain koperatif tipe team games tournament yang disesuaikan dengan tema RPPH menggunakan berbagai permainan yaitu: 1) aliran benda terapung dan tenggelam, 2) estafer balon, 3) lompat hula hop, 4) mengisi air dalam botol, 5) meniup bola dengan sedotan, 6) puzzle, 7) bakiak. Dalam penelitian ini juga terdapat hambatan dalam  meningkatkan kemampuan kerjasama anak yaitu adanya anak yang bersifat individual, pendiam, kurang suka dengan kegiatan kelompok dan memilih teman saat bermain. Dalam mengatasi hambatan tersebut, solusi yang digunakan ialah dengan memberikan kegiatan kelompok yang menarik dan anggotanya selalu diganti pada setiap kegiatan. Melalui kegiatan team games tournament tersebut anak kelas B terstimulasi kemampuan kerjasamanya dengan baik sehingga anak menjadi lebih aktif, anak tidak memilih teman, dan anak dapat menyelesaikan permainan kelompok dengan baik.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-12
How to Cite
pasiningsih, pasiningsih. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT. Al Athfal : Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 6(2), 61-74. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v6i2.546