IMPLEMENTASI ALAT PERAGA BERBASIS METODE MONTESSORI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II MI GUPPI AT-TAQWA KALIWADER
Keywords:
conceptual understanding, multiplication, Montessori method.
Abstract
This study aims to: 1) describe the implementation of the Montessori method based teaching aids in mathematics learning materials of multiplication class II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader. 2) to describe the impact of the implementation of the Montessori method based teaching aids on mathematics learning in class II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader on student attitudes and learning outcomes. The type of research used is descriptive qualitative. The subjects of this study were students of class II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader. While the object of this study is a props based on the Montessori method for multiplication count operations with thee concept of repeated addition. Data collection in this study was carried out by means of observation and tests. The results of this study are in the form of descriptions of the results of the implementation of teaching aids based on the Montessori method in mathematics learning materials for the multiplication of class II MI Guppi At-Taqwa Kaliwader. The impact of the implementation of the Montessori method based teaching aids on the learning of class II multiplication material at MI Guppi At-Taqwa Kaliwader showed positive results, namely the first meeting showed a class average of 90,45. Meanwhile, at the second meeting, it showed an average og 90,90 in the every high category.References
Amir, Almira. 2014. Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Pedagogik Vol. VI No. 01
Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Vol. 11 No. 01
Asyhar, R. 2011. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Britton, Lesley. 2017. Montessori Play and Learn. Yogyakarta: Mizan Media Utama Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Ernawati, Iis dan Totok Sukardiyono. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Volume 2 Nomor 2
Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR Mizan
Gatot, Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
George S. Morrison. 2015. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gutek, G. L. 2013. Metode Montessori: Panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (pendidikan anak usia dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jaeng, M. 2004. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Cara Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil (PPKK). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Pusat Bahasa-Departemen Pendidikan Nasional
Karso. 2007. Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Khaulani, Fatma, dkk. 2020. Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, Vol. VII No. 1
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Lillard, P. P. 1997. Montessori in the classroom. New York: Schocken Books
Magini, A.P. 2013. Sejarah Pendekatan Montessori. Yogyakarta: Kanisius
Matlani, Aan Yusuf Khunaifi. 2019. Analisis Kritis Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 13 Nomor 2.
Matt Jarvis. 2011. Teori-teori Psikologi. Bandung: Nusa Media
Moleong, Lexy. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Montessori, Maria. 2002. The Montessori Method. New York: Frederic A. Stokes Company
Montessori, Maria, Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013
Montessori, Maria. 2016. Rahasia Masa Kanak-Kanak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasrah, dkk. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan contexstual Teaching and Learning (CTL) Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep, Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5 Nomor 2
Nasution. 2003. Metodologi Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara
Offirston, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: Deppublish
Nasution, Hamni Fadhilah. 2015. Urgensi Kemampuan Matematis dalam Menganalisis Teori-teori Ekonomi, Al-Masharif Vol.3 No.2
Ningtyas, Gunawan, A., & Hambali, D. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Gambar Dan Media Konkret Di Kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1 (3): 179-188
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas
Rima, Trianingsih. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al Ibtida Vol 3. No.2
Sadulloh, Uyoh, 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sagala, syaipul. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
S. Nasution. 1984. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara
Soesilawati. 2011. Perkalian Itu Asyik dan Menyenangkan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sudjana, Nana. 1995. Dasar -Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Algesindo
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sumadi, Suryabrata. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali
Sundayana, Rostina. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenata Media Grup
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Tim Pengembang Ilmu pendidikan FIP UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT Imperial Bhakti Utama, 2007
T, Wakiman. 2001. Alat Peraga Pendidikan Matematika 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Usman, Uzer. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Widyaningrum, Theodora Dian. 2016. Penerapan Alat Peraga Perkalian Montessori untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016 p-ISSN: 2550-0384, e-ISSN: 2550-0392
Yusran Basri, Muhammad. 2017. Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi (Comprehending Of Concepts Of Functions). Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 2
Annisah, Siti. 2014. Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah Vol. 11 No. 01
Asyhar, R. 2011. Kreatif mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Britton, Lesley. 2017. Montessori Play and Learn. Yogyakarta: Mizan Media Utama Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo
Ernawati, Iis dan Totok Sukardiyono. 2017. Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Administrasi Server, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education) Volume 2 Nomor 2
Fatimah. 2009. Fun Math Matematika Asyik Dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR Mizan
Gatot, Muhsetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka
George S. Morrison. 2015. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Gutek, G. L. 2013. Metode Montessori: Panduan wajib untuk guru dan orang tua didik PAUD (pendidikan anak usia dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jaeng, M. 2004. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Cara Pembelajaran Perseorangan dan Kelompok Kecil (PPKK). Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Heruman. 2008. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Kamus Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Pusat Bahasa-Departemen Pendidikan Nasional
Karso. 2007. Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Khaulani, Fatma, dkk. 2020. Fase dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar”, Vol. VII No. 1
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran: Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia
Lillard, P. P. 1997. Montessori in the classroom. New York: Schocken Books
Magini, A.P. 2013. Sejarah Pendekatan Montessori. Yogyakarta: Kanisius
Matlani, Aan Yusuf Khunaifi. 2019. Analisis Kritis Undang-undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan [FTIK] IAIN Manado Volume 13 Nomor 2.
Matt Jarvis. 2011. Teori-teori Psikologi. Bandung: Nusa Media
Moleong, Lexy. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Montessori, Maria. 2002. The Montessori Method. New York: Frederic A. Stokes Company
Montessori, Maria, Metode Montessori Panduan Wajib Untuk Guru Dan Orang Tua Didik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013
Montessori, Maria. 2016. Rahasia Masa Kanak-Kanak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Nasrah, dkk. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatan contexstual Teaching and Learning (CTL) Untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Balocci Pangkep, Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5 Nomor 2
Nasution. 2003. Metodologi Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: Bumi Aksara
Offirston, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Jogjakarta: Deppublish
Nasution, Hamni Fadhilah. 2015. Urgensi Kemampuan Matematis dalam Menganalisis Teori-teori Ekonomi, Al-Masharif Vol.3 No.2
Ningtyas, Gunawan, A., & Hambali, D. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pemanfaatan Media Gambar Dan Media Konkret Di Kelas V SDN 52 Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1 (3): 179-188
Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Prihandoko, Antonius Cahya. 2006. Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas
Rima, Trianingsih. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Al Ibtida Vol 3. No.2
Sadulloh, Uyoh, 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sagala, syaipul. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
S. Nasution. 1984. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara
Soesilawati. 2011. Perkalian Itu Asyik dan Menyenangkan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Subarinah, Sri. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sudjana, Nana. 1995. Dasar -Dasar Proses Pembelajaran. Bandung: Algesindo
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Sukmadinata, N. S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya
Sumadi, Suryabrata. 1987. Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali
Sundayana, Rostina. 2018. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta
Susanto, A. 2013. Teori belajar dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenata Media Grup
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Tim Pengembang Ilmu pendidikan FIP UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT Imperial Bhakti Utama, 2007
T, Wakiman. 2001. Alat Peraga Pendidikan Matematika 1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan UNY
Usman, Uzer. 1999. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Widyaningrum, Theodora Dian. 2016. Penerapan Alat Peraga Perkalian Montessori untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapannya 2016 p-ISSN: 2550-0384, e-ISSN: 2550-0392
Yusran Basri, Muhammad. 2017. Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi (Comprehending Of Concepts Of Functions). Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 2
Published
2022-01-08