PENERAPAN KINEMASTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DIMASA COVID-19

  • fitri yanti fitri yanti Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
  • Adam Mudilillah Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
Keywords: kinemaster, indonesian language, covid-19

Abstract

The Kinemaster application is an application that people use to edit various animated photos or videos. This application aims to make it easier for teachers to create a variety of learning media. Almost everyone uses applications for work that function as the use of this sophisticated technology. The relationship of learning Indonesian is very closely related. The relationship is to teach learning materials, teachers need technology media to help them explain the material. This application is the best in its use. Doing the practice of making media using the kinemaster application must look at the situation, not all learning media are made through the application, it can also be manually depending on our views and see the situation and condition of students in learning. A wise teacher must be able to use technology wisely too, where the teacher is able to use technology well.

References

33, M. (2014: (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866
Abdusshomad, A. (2020). Pengaruh Covid-19 terhadap Penerapan Pendidikan Karakter dan Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 107–115. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.407
Adnyana, P. B., Citrawathi, D. M., & Dewi, N. P. S. R. (2020). Efektivitas pelatihan pembuatan Flipped classroom video dengan Smartphone dan aplikasi Kinemaster (Program PkM). Jurnal Senadimas Undiksha, 1758–1765.
Agarina, M., Suryadi, A., & Septarina, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Editing Video Pembelajaran Daring Dengan Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru SDIT di Lampung. 7–12.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Agusriani, A., & Fauziddin, M. (2021). Strategi Orangtua Mengatasi Kejenuhan Anak Belajar dari Rumah Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1729–1740. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.961
Azis, A. (2018). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 2(1), 57–64.
Dasar, karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah. (2021). karakteristik perkembangan bahasa siswa sekolah dasar. Karakteristik Perkembangan Bahasa Siswa Sekolah Dasar, 9(1), 6.
Dasem, A. A., Laka, B. M., & Niwele, A. (2018). Peranan Guru Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD Inpres Komboi Kabupaten Biak Numfor. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 126. https://doi.org/10.30738/wa.v2i2.2596
Faktor, A., Anak, P., Khusus, B., Pagerungan, D. I., Kecamatan, B., Sumenep, S., Ummiyah, R., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Malang, U. M. (2015). Analisis faktor penyebab anak berkebutuhan khusus ( slow learner atau keterlambatan belajar) putus sekolah di pagerungan besar kecamatan sapeken sumenep madura.
Gide, A. (1967). PENERAPAN DISIPLIN PROTOKOL KESEHATAN DI ERA KENORMALAN BARU PADA DUNIA PAUD. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 198. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291
Ismi, I. N., & Ain, S. Q. (1967). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 104 Pekanbaru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 81–90.
Khaira, H. (2011). Media Pembelajaran Audio Visual. http://digilib.unila.ac.id/3817/17/BAB II.pdf
Lestari, I., Rosiman, I., & Farhan, M. (n.d.). Dysfun Course ( Kursus membaca dan menulis pertama di Indonesia bagi anak-anak yang mengidap Disleksia ). 1–6.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Octavianty, R., Astuti, A., Hikma, R. S., Iwan, M., & ... (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Aplikasi KineMaster guna Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 26 Watang Palakka. Journal Lepa-Lepa …, 1(1), 280–286. https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/17283
Puryono, D. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Untuk Guru Sd Kristen Terang Bagi Bangsa Pati Menggunakan Kinemaster. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(04), 242–247. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jpv/article/view/8821
Sarnoto, A. Z. (2021). Syukur dalam Al-Qur’an dan implikasinya pada pembelajaran dimasa pandemi covid-19. Seminar Nasional Kampus Meredeka, Kurikulum Merdeka Di Masa Pandemi, May.
Siregar, M. (2019). Edu Science PENGARUH PENGAJARAN REMEDIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 RANTAU SELATAN PADA MATERI PELAJARAN KEWARGANEGARAAN TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016 THE INFLUENCE OF REMEDIAL TEACHING ON STUDENT ACHIEVEMENT ACHIEVEMENT OF CLASS. 2(2), 60–66.
Sueca, I. N., & Sri Darmayanti, N. W. (2020). Pembinaan Dan Pembimbingan Kegiatan Literasi Dasar Dalam Pembelajaan Di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Anak-Anak Banjar Dinas Temukus, Desa Besakih. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 557. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3388
Supartini, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(2), 277–293. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Susanto, G., Suparmi, S., & Rahayu, E. Y. (2020). The Emotional Geography of International Students in Online Bahasa Indonesia Learning during the COVID-19 Pandemic Geografi Emosi Mahasiswa Internasional dalam Belajar Bahasa Indonesia secara Daring pada Masa COVID-19. Journal of International Students, 10(S3), 161–179.
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732
Universitas, F., Yogyakarta, N., Penelitian, A., & Kimia, J. P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 179919. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236
Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/29923
Werdiningsih, D. (2015). Kata Kunci: strategi metakognitif, intensitas, interkorelasi, efek jenjang pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 34(1), 107–117.
Widiono, A. (2021). Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. 3, 12–21. https://scholar.google.co.id/citations?user=jB1AlvoAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DjB1AlvoAAAAJ%26citation_for_view%3DjB1AlvoAAAAJ%3A_FxGoFyzp5QC%26tzom%3D420
Zuchdi, D. (2006). Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 1, 1–12.
Published
2022-01-09