KETERAMPILAN GURU DALAM MENGAJAR MELALUI BLENDED LEARNING DI KELAS II B MIN 1 PURWOREJO

  • Roikhatul Janah IAIN Pontianak
  • Solikhatun Mubarokah STAINU Purworejo
Keywords: KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, BLENDED LEARNING

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Guru yang diamati adalah seluruh guru yang mengajar di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Pengumpulan data ini menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang dieroleh dianalisis deskriptif kuantitatif, untuk menggambarkan tingkat keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengajar melalui pembelajaran campuran (luring dan daring) di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo ada pada kategori sangat terampil. Hal tersebut dikarenakan guru - guru di kelas II B MI Negeri 1 Purworejo sudah memenuhi standar guru yakni sarjana pendidikan sesuai dengan tingkat sekolahnya. Secara keseluruhan 8 aspek keterampilan mengajar ada pada kategori sangat terampil yaitu meliputi membuka dan menutup pembelajaran, menjelaskan pembelajaran, mengelola kelas, mengadakan variasi, membimbing diskusi,mengajar kelompok perseorangan atau kelompok kecil, dan memberi penguatan. Kata Kunci : Keterampilan Mengajar Guru, pembelajaran campuran (daring dan luring)

References

Djamal, Muhammad, Paradigma Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. (Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2015)
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Dwi, Asih Lestari, Skripsi. Hubungan Kejenuhan Belajar Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi. Http://Repository.Uinjambi.Ac.Id/7534/1/ASIH%20DWI%20LESTARI%28206172899%29SKRIPSI.Pdf. Hlm. xi
http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/article/view/1004 diakses pada 20 september 2021 pukul 23.24 WIB
https://id.wikipedia.org/wiki/Guru diakses pada 22 September 2021 pukul 08.17 WIB
https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/944 diakses pada 10 September 2021 pukul 22.22 WIB
https://www.kabarpendidikan.id/2021/02/manfaat-pembelajaran-daring-pada-masa.html , Rivana Maheswara, “Manfaat Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi”.
Ika, A Fahrika, Roy, Juliansyah. Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi Di Indonesia Dan Respon Kebijakan Yang Ditempuh. Inovasi-16 (2), 2020, Hlm. 207.
Janah, Roikhatul. Dhiya Ayu Tsamrotul Ihtiari. Peningkatan Counselor Competence Bagi Calon Guru Kelas MI Dan SD Di Era Industri 4.0. Elementary (Islamic Teacher Journal) Vol. 8. No. 1 Januari – Juni 2020. Diakses melalui https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/view/6926/pdf.
Mansyur. Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro). El-Ghiroh. Vol. XII, No. 01. Februari 2017. Hlm. 131.
Ngurah Laba Laksana, Dek.(2013). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Guru Non Sarjana Sekolah Dasar Di Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1, 51-58.
Shoffa, Shoffan, Keterampilan Dasar Mengajar (Microteaching). (Surabaya: Mavendra Pers, 2016)
Siti, Fitri Sundari, Dkk. Keterampilan Dasar Mengajar. Program Studi Guru Sekolah Dasar. Universitas Pakuan. Bogor. 2020.
Published
2022-06-28