POLA ASUH KAKEK NENEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI MAARIF NU BRUNOSARI
Keywords:
Grandparents Parenting Pattern,, Learning Achievement
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh kakek nenek terhadap prestasi belajar siswa di MI Maarif NU Brunosari. Bahan utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah kakek nenek dan siswa MI Maarif NU Brunosari. Pengujian ini dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap kakek nenek dari siswa MI Maarif NU Brunosari sebanyak 1 kakek, 9 nenek dan 9 cucu. Sedangkan metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil dari penelitian pola asuh kakek nenek terbanyak adalah dengan kategori permisif yaitu 5 keluarga, paling sedikit dengan kategori demokrasi yaitu 2 keluarga dan kategori otoriter yaitu sebanyak 2 keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola asuh kakek nenek tidak mempengaruhi prestasi siswa MI Maarif NU Brunosari. Siswa yang di asuh kakek nenek di MI Maarif NU Brunosari rata-rata mendapat prestasi yang rendah karena kurangnya pengetahuan tentang materi pelajaran, perhatian dan bimbingan untuk sang cucu dalam belajar. Kata Kunci: Pola Asuh Kakek Nenek, Prestasi Belajar.References
Abd. Aziz Hsb. Kontribusi Lingkungan Belajar dan Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal tarbiyah, Vol. 25, No. 2. 2018.
Akhyar ,syaiful Lubis. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Citapustaka Media. 2006.
Al. Tridhonanto & Beranda Agency. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Gramedia. 2014
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.2014
Daniel, Moehar. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.
Djamarah,Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 2012.
Habibi, Muazar. 2012. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Buku Ajar S1 Paud. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Yogyakarta: UIN-Malang Press.
Hildayani, Rini dkk. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
John W. Santrock, John W. 2003. Adolescence Prkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. 2016. Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.
Rosyid, Moh. Zaiful. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi. 2019.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.2010
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabet. 2009.
Sutiana, Mega Andhika. Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga TKW di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, Jurnal Paradigma, Volume 06 Nomor 01. Blitar. 2018.
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. 2011.
Torang, Syamsir. Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta. 2012.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Press. 2011.
Wahidah, Nurul. Pola Asuh Keagamaan pada Anak Keluarga Wanita Pekerja. Purwokerto: Stain Press. 2013.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.
Akhyar ,syaiful Lubis. Dasar-Dasar Kependidikan. Bandung: Citapustaka Media. 2006.
Al. Tridhonanto & Beranda Agency. Mengembangkan Pola Asuh Demokratis. Jakarta: PT. Gramedia. 2014
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.2014
Daniel, Moehar. Metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta: Bumi Aksara. 2005.
Djamarah,Syaiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional. 2012.
Habibi, Muazar. 2012. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini Buku Ajar S1 Paud. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Hidayah, Rifa. 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Yogyakarta: UIN-Malang Press.
Hildayani, Rini dkk. 2017. Psikologi Perkembangan Anak. Tanggerang: Universitas Terbuka Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
John W. Santrock, John W. 2003. Adolescence Prkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.
Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. 2016. Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Kemendikbud.
Rosyid, Moh. Zaiful. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi. 2019.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.2010
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabet. 2009.
Sutiana, Mega Andhika. Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga TKW di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, Jurnal Paradigma, Volume 06 Nomor 01. Blitar. 2018.
Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. 2011.
Torang, Syamsir. Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Bandung: Alfabeta. 2012.
Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Press. 2011.
Wahidah, Nurul. Pola Asuh Keagamaan pada Anak Keluarga Wanita Pekerja. Purwokerto: Stain Press. 2013.
Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2012.
Published
2022-01-09