PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MI IMAM PURO SUTORAGAN MELALUI PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS VIDEO
Keywords:
hasil belajar, bahan ajar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan karena proses pembalajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan bahan ajar dalam upaya memahami konsep serta belum memperikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan selama tiga bulan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Imam Puro Sutoragan dengan subjek penelitian siswa kelas V sejumlah 14 orang. Penelitian ini diterapkan pada pembelajaran Tema 3 Makanan Sehat Subtema 1 Bagaimana Tubuh Mengelola Makanan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes butir soal, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi dan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil belajar pada setiap siklus. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu ketuntasan belajar klasikal minimal 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus pertama sebesar 68,75 menjadi 80 pada siklus kedua. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus pertama sebesar 85,71% juga meningkat pada siklus kedua menjadi 100%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis video dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V MI Imam Puro Sutoragan.References
Atikah, Nur Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Sifat-sifat Cahaya, diambil tanggal 20 Juni 2022 dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32899/1/Skripsi____NUR%20ATIKAH___1112018300054%20-%20Watermark.pdf
Awang, Rambu Ery Ana. 2016. Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, dari http://lib.unnes.ac.id/28325/1/1401512011.pdf
Despa, Mesan, Pengaturan Tempat Duduk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta An-Nizham Kota Jambi, dari http://repository.uinjambi.ac.id/4056/1/SKRIPSI%20%28Mesan%20despa%29.pdf
Fauziyyah, Fikri, Hubungan Penerapan Apersepsi Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, dari http://repository.syekhnurjati.ac.id/654/1/127340079_FIKRI%20FAUZIYYAH_58440901__OK.pdf
Janulis P. Purba, Penelitian Tindakan Kelas, dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/194710251980021-JANULIS_P_PURBA/Modul/PTK-SERTIFIKASI.pdf
Jaya, Putra, Pentingnya Keterampilan Bertanya bagi Guru, dari http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2091
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosdakarya, 2016.
Novita, Lina, dkk, Penggunaan Media Pembelajaran Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SD, Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 3, No. 2 Th 2017. Diambil tanggal 2 Februari 2022, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2015.
Yuniarti, dkk, Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, dalam https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/10717/10244 diakses pada 20 Juni 2022
Awang, Rambu Ery Ana. 2016. Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD di Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, dari http://lib.unnes.ac.id/28325/1/1401512011.pdf
Despa, Mesan, Pengaturan Tempat Duduk untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Swasta An-Nizham Kota Jambi, dari http://repository.uinjambi.ac.id/4056/1/SKRIPSI%20%28Mesan%20despa%29.pdf
Fauziyyah, Fikri, Hubungan Penerapan Apersepsi Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, dari http://repository.syekhnurjati.ac.id/654/1/127340079_FIKRI%20FAUZIYYAH_58440901__OK.pdf
Janulis P. Purba, Penelitian Tindakan Kelas, dalam http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_ELEKTRO/194710251980021-JANULIS_P_PURBA/Modul/PTK-SERTIFIKASI.pdf
Jaya, Putra, Pentingnya Keterampilan Bertanya bagi Guru, dari http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2091
Nana Sudjana, Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Rosdakarya, 2016.
Novita, Lina, dkk, Penggunaan Media Pembelajaran Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa SD, Indonesian Journal of Primary Education, Vol. 3, No. 2 Th 2017. Diambil tanggal 2 Februari 2022, dari https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung : Alfabeta, 2015.
Yuniarti, dkk, Peningkatan Hasil Belajar dengan Menggunakan Media Video dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, dalam https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/10717/10244 diakses pada 20 Juni 2022
Published
2022-06-28