EFEKTIVITAS PENANAMAN NILAI KARAKTER DEMOKRATIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA

  • Moh Ferdi Hasan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nur Hidayat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Diana Monita UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Nilai karakter, Karakter demokratis, Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui efektivitas penanaman karakter demokratis terhadap minat belajar sisw,. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kelompok tunggal pretest – posttest, intrumen pengumpulan data yang dipakai adalah angket, sampel dalam penelitian ini adalah 25 siswa MI kelas 5 disalah satu sekolah di Kabupaten Jember yang mana teknik sampling yang digunakan adalah sensus sampling, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini Uji paired T-Test. Dalam penelitian ini ditemukan hasil bahwa penanaman karakter demokratis secara efektiv dapat meningkatkan minat belajar.

References

Annette, J. (2005). Values, Ethics and Character in Education. British Journal Of Educational Studies, 53(3), 326–340.
Ardianto, E., & Setyawan, I. (2021). Tantangan Penanaman Nilai Karakter Demokratis dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 20(1), 45–60.
Baehaqi Arif, D. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Dan Pembentukan Karakter Demokratis Warga Negara.
Bryman, A. (n.d.). Social research methods.
Bryman, A. (2016). Social research methods. Oxford University Press.
Catyaningsih, R., Sugeng Priyanto, A., Subagyo, S., & Raya Purworejo-Magelang Km, J. (2022a). Democratic character values formation in the School of the Ministry Defense of the Republic Indonesia Article Info. JESS (Journal of Educational Social Studies) JESS, 11(2), 52–60. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess
Catyaningsih, R., Sugeng Priyanto, A., Subagyo, S., & Raya Purworejo-Magelang Km, J. (2022b). Democratic character values formation in the School of the Ministry Defense of the Republic Indonesia Article Info. JESS (Journal of Educational Social Studies) JESS, 11(2), 52–60. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jess
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). Sage Publication.
Gurbani, Y., Nawahdani, A. M., & Azzahra, M. Z. (2023). The Relationship Between Student Democratic Characters And The Problem Solving Learning Model. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.59052/edufisika.v8i2.27828
Hardiansyah, F., & Mas’odi, M. (2022). The Implementation Of Democratic Character Education Through Learning Of Social Science Materials Of Ethical And Cultural Diversity In Elementary School. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(2), 234–241. https://doi.org/10.46843/jiecr.v3i2.101
Hasan, Moh. F., & Rahmawati, H. (2023). Education in world history. Paedagogica Historica, 1–3. https://doi.org/10.1080/00309230.2023.2246393
Indrayati, T., & Marzuki, M. (2021). Strengthening Democratic Characters in Young Citizens. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(2), 52. https://doi.org/10.17977/um048v27i2p52-57
Johnson, R. B., & Christensen, L. (2016). Educational research: Quantitative, qualitative, and mixed approaches (5th ed.). Sage Publication.
Johnson, R., Garcia, L., & Lee, S. (2021). Examining the effectiveness of a democratic character development program on student learning interest: A comparative study. Journal of Applied Education.
Kajian, P., Dan, P., Bimbingan, P., Konseling, D., Krobo, A., Cendrawasih, U., Alamat, ), & Kamp Wolker, J. (2021). Peningkatan karakter demokratis melalui Traditional Enggo Group Play Therapy pada anak usia TK. Original Article, 400(3), 400–414. https://doi.org/10.26539/teraputik-43558
Muhtar, T., & Dallyono, R. (2020). Character education from the perspectives of elementary school physical education teachers. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 395–408. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30647
Na’imah, I., Bawani, I., & Hasyim Asy’ari, U. (2021). Penanaman Pendidikan Karakter Demokratis Di Pondok Pesantren. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2).
Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (n.d.). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.
Saunders, M., L., & Thornhill, A. (2016). Research methods for business students (7th ed.). Pearson.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyowati MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara, E., & Tengah, J. (2013). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Vol. 8, Issue 2).
Trilisiana, N., Kusumawardani, E., Yani, D., Ardila, I., Tri, S. P., Rahmawati, N., Risda, D., Krishnawati, N., Andika, A., & Qana’, M. (2023). Pendidikan Karakter. CV Selembar Karya Pustaka.
Tuharea, J., & Abdin, M. (2021). Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter: Tantangan Penanaman Nilai Karakter Melalui Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid 19. (Studi Kasus pada Guru SMP PKn di Kota Ambon). Untirta Civic Education Journal, 6(1), 28–39.
Yunaldi, W. (2018). Democracy “Character” Local Wisdom Building Democratic Political Awareness Of Character “Akal Budi” Autentik Indonesia: A Study From Experience Of Governance System Of Republic Of Nagari In West Sumatera. ULREV) UNTAG Law Review (ULREV), 2(2), 156–168. www.fakhukum.untagsmg.ac.id
Published
2023-12-20