STRATEGI PENGUATAN LITERASI BACA TULIS SISWA MI IMAM PURO SUTORAGAN
Keywords:
gerakan literasi sekolah, strategi penguatan literasi, dampak literasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari strategi penguatan literasi baca-tulis terhadap peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Adapun subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, seluruh guru dan staff yang berjumlah 16 orang dan peserta didik dari kelas II, IV,V dan kelas VI yang berjumlah 148 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru dan juga peserta didik dapat disimpulkan bahwa (1) Strategi penguatan literasi baca-tulis dilakukan dengan mengkondisikan lingkungan fisik ramah literasi, mengupayakan lingkungan sosial dan afektif sebagai model komunikasi dan interaksi yang literat, dan mengupayakan sekolah sebagai lingkungan akademik yang literat. Selain itu indikator literasi baca tulis disesuaikan dengan basis kelas yang meliputi jumlah pelatihan fasilitator dan pemanfaatan literasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada basis sekolah meliputi jumlah dan variasi bacaan, frekuensi peminjaman bahan bacaan di perpustakaan, kegiatan sekolah yang berkaitan dengan ltersi baca-tulis dan jumlah karya tulis yang dihasilkan. (2) Dampak positif kegiatan literasi yang dirasakan oleh peserta didik antara lain yaitu, peserta didik mampu berfikir kritis dan kemampuan verbal anak juga meningkat. Selain itu, dengan kegiatan literasi dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru, menambah kosa kata baru, meningkatkan kemampuan menulis, dan meningkatkan ide dan kreatifitas anak. Adapun dampak negatif dari kegiatan literasi yaitu tingkat kebosanan meningkat dan terlalu monoton. Sehingga untuk menghindari hal tersebut guru harus melakukan variasi pembelajaran literasi, bisa dengan game atau kuis digital.References
Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh Kemampuan Literasi Membaca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar, 13, (1).
Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1).
Data Laporan Hasil Asesmen Nasional . (2023).
Dhina Cahya Rohim. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33, 54–62.
Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. . Mitra Pustaka.
Fadhilah, R. N., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Dampak Literasi bagi Anak Usia Dini di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, pengabdian, dan diseminasi, 1(1).
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gunanto, Mayetri, A., Wahyuni, D., Erfan, D., Ismaya, T., Cahyono, T., & Edi, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi membaca Numerisai. Tim Erlangga Fokus AKM.
Hamdan Fuadhi, R., & Sarjana Pendidikan, G. (2020). Skripsi Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sma Negeri 1 Muntilan Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, Ya Bunayya, 4(NO 01).
Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang [Thesis (S1)]. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Moehar Daniel. (2005). Metode Penelitian Sosial Ekonomi (3 ed.). Bumi Aksara.
Muhrifat. (2020). Analisis Efektifitas Implementasi Budaya Literasi di MIN 1 Kota Makasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi (Vol. 148). Universitas Bengkulu.
Pujiastuti, D. (2021). Strategi Gerakan LIterasi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca. . Baitul ’Ulum, Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1).
Puspitaningrum, A. D. (2019). Pengaruh Literasi dan Kaidah Ejaan Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019. Universitas Negeri Semarang.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilam Menulis Narasi siswa kelas IV SDN Sudirman II. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Kanisius.
Shela, V. (2020). Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. . Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suharsimi, A. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Thantri Junita, T., Ayu Wulandari, B., Ali, M., & Thantari Junita, T. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca dan Menulis Di SD Pertiwi I Kota Jambi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi. 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Alfabeta.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Press.
Wendelinus Dasor, Y., Mina, H., & Sennen, E. (t.t.). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement In Elementary Schools), Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2 (2).
Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1).
Data Laporan Hasil Asesmen Nasional . (2023).
Dhina Cahya Rohim. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33, 54–62.
Djamal, M. (2015). Paradigma Penelitian Kualitatif. . Mitra Pustaka.
Fadhilah, R. N., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Dampak Literasi bagi Anak Usia Dini di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, pengabdian, dan diseminasi, 1(1).
Faizah, D. U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayani, S., Muldian, W., & Roosaria, D. R. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gunanto, Mayetri, A., Wahyuni, D., Erfan, D., Ismaya, T., Cahyono, T., & Edi, S. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Literasi membaca Numerisai. Tim Erlangga Fokus AKM.
Hamdan Fuadhi, R., & Sarjana Pendidikan, G. (2020). Skripsi Analisis Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sma Negeri 1 Muntilan Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat guna Memperoleh.
Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa SD Lab School FIP UMJ. Jurnal pendidikan Anak Usia Dini, Ya Bunayya, 4(NO 01).
Khatimah, H. (2020). Pengaruh Kegiatan Literasi Dasar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas V SD Negeri 32 Buakang [Thesis (S1)]. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Moehar Daniel. (2005). Metode Penelitian Sosial Ekonomi (3 ed.). Bumi Aksara.
Muhrifat. (2020). Analisis Efektifitas Implementasi Budaya Literasi di MIN 1 Kota Makasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(2).
Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133
Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis.
Permatasari, A. (2015). Membangun kualitas bangsa dengan budaya literasi (Vol. 148). Universitas Bengkulu.
Pujiastuti, D. (2021). Strategi Gerakan LIterasi Sekolah dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca. . Baitul ’Ulum, Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1).
Puspitaningrum, A. D. (2019). Pengaruh Literasi dan Kaidah Ejaan Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Gugus Kresna Kecamatan Semarang Barat. Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2019. Universitas Negeri Semarang.
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. . Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilam Menulis Narasi siswa kelas IV SDN Sudirman II. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Kanisius.
Shela, V. (2020). Pelaksanaan Program Literasi di Sekolah Dasar Negeri 192 Pekanbaru. . Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suharsimi, A. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Thantri Junita, T., Ayu Wulandari, B., Ali, M., & Thantari Junita, T. (2022). Analisis Penerapan Literasi Membaca dan Menulis Di SD Pertiwi I Kota Jambi Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi. 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2
Torang, S. (2012). Metode Riset Struktur & Perilaku Organisasi. Alfabeta.
Umar, H. (2011). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Rajawali Press.
Wendelinus Dasor, Y., Mina, H., & Sennen, E. (t.t.). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar (The Role Of The Teacher In The Literacy Movement In Elementary Schools), Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2 (2).
Published
2023-12-20