Pendidikan Karakter dalam Kitab Al-Tarbiyyah Wa al-Adab Al-Shar'iyyah dan Implikasinya terhadap Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Pendidikan karakter menjadi elemen utama untuk mencetak generasi berakhlak mulia, cerdas, dan tangguh. Di dalam kitab al-Tarbiyyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah menyimpan khazanah nilai akhlak yang relevan untuk pendidikan karakter saat ini sebagaimana dalam konteks kurikulum merdeka yang terkandung dalam profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan karakter dalam kitab al-Tarbiyyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah karya Abdurrahman Afandi Ismail serta merelevansikannya dengan konsep profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Kitab tersebut merupakan karya klasik bidang akhlak yang masih jarang dijadikan objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan dan desain deskriptif-analitis. Sumber data utama terdiri dari kitab al-Tarbiyyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah dan buku Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila oleh Kemendikbud. Sumber data sekunder dalam penelitian ini adalah buku karya Kurotul Aeni yang berjudul Pendidikan Karakter dan Merdeka Belajar, Konsep dan Aplikasi, serta jurnal atau karya ilmiah lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, uji keabsahan data menggunakan uji confirmability, dan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dalam kitab tersebut meliputi dimensi spiritual, personal, sosial, dan nasionalisme. Keempat dimensi tersebut menunjukkan relevansi yang signifikan dengan enam dimensi profil pelajar Pancasila: beriman dan bertakwa, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Dengan demikian, kitab al-Tarbiyyah Wa al-Adāb al-Shar’iyyah dapat dijadikan sumber rujukan dalam penguatan karakter pelajar di era Kurikulum Merdeka.
References
Abdillah, A., & Syafei, I. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Hikmah Teladan Bandung. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 17(1), 17–30. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-02
Aeni, K. (2021). Pendidikan karakter & merdeka belajar_Konsep dan Aplikasi.
Al-Suyuti, I. J., & bin Abi Bakr, A. (2016). Al-Jami’al-Saghir Fi Ahadith al-Bashir al-Nazir. Dar Darul Hadits, Cairo.
Amri Darwis. (2012). REDEFINISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM TERANG PENDIDIKAN KARAKTER Amri Darwis. Jurnal Uin Syarif Riau. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/525/pdf_22
Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., & Khoiri, H. M. (2020). Kajian pengembangan profil pelajar pancasila edisi 1. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Aziz, R. M., Sidna, N., & Ruwandi, R. (2023). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Siswa Mi Tbs Al Fathonah Purworejo. As-Sibyan, 6(2), 103–120. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v6i2.516
Busthami, S. H. (2018). Pendidikan Berbasis Adab Menurut a. Hassan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 1–18. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-01
Collins, S. P., Storrow, A., Liu, D., Jenkins, C. A., Miller, K. F., Kampe, C., & Butler, J. (2021). No Title 済無No Title No Title No Title.
Emroni, E. (2023). PENDIDIKAN AKHLAK Landasan Etika untuk Kehidupan yang Bermakna. Antasari Press.
Fauziah, S. P., & Roestamy, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Tauhid. Depok Rajawali Pers.
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., Mashudi, I., Hasanah, N. U. R., Maharani, A., & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Hasan, M. F., Hidayat, N., & Monita, D. (2023). Efektivitas Penanaman Nilai Karakter Demokratis Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. As-Sibyan, 6(2), 90–102. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v6i2.421
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu pendidikan: konsep, teori dan aplikasinya.
Khairunnisa, K., Junaidi, K., Saputri, M. T., & Dalimunthe, O. (2024). Filsafat Pancasila dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(5), 298–306.
Mukhid, A. (2016). Konsep pendidikan karakter dalam Al-Qur’an. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 13(2), 309–328.
Nazir, M. (1985). Metode penelitian. Ghalia Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=M_-dAQAACAAJ
Nurlan, F. (2019). Metodologi penelitian kuantitatif. CV. Pilar Nusantara.
Patimah, S. (2016). FORMALISME PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA: Telaah Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 27(1), 115–127. https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.499
Satria, M., Adiprima, P., Sekarwulan, K., & Hardjatanaja, T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sofiyana, M. S., Aswan, N., Munthe, B., Wijayanti, L. A., Jannah, R., Juhara, S., Laga, E. A., Sinaga, J. A. B., Suparman, A. R., & Suaidah, I. (2022). Metodologi penelitian pendidikan. Global Eksekutif Teknologi.
Wahyudin, D., Subkhan, E., Malik, A., Hakim, M. A., Sudiapermana, E., LeliAlhapip, M., Nur Rofika Ayu Shinta Amalia, L. S., Ali, N. B. V, & Krisna, F. N. (2024). Kajian akademik kurikulum merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.
