Culturally Responsive Teaching sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar: Kajian Literatur
Keywords:
culturally responsive teaching, pendidikan multikultural, sekolah dasar
Abstract
Indonesia merupakan bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya, suku, agama, dan bahasa yang membentuk masyarakat pluralistik dan multikultural. Sekolah Dasar sebagai institusi pendidikan formal pertama memegang peran krusial dalam membentuk pemahaman, sikap, dan perilaku peserta didik terhadap keberagaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Culturally Responsive Teaching sebagai pendekatan pedagogis yang memperkuat pendidikan multikultural di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur (literature review) untuk menganalisis peran Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam memperkuat pendidikan multikultural di Sekolah Dasar. Data peneltian yang diperoleh dari studi literatur adalah sebagai berikut (1) Culturally Responsive Teaching memperkuat sikap multikultural peserta didik, (2) Culturally Responsive Teaching meningkatkan motivasi, antusiasme, dan semangat belajar peserta didik, dan (3) Peran dan komitmen seluruh elemen pendidikan di sekolah untuk menciptakan pembelajaran Culturally Responsive Teaching. Kesimpulannya, Culturally Responsive Teaching memiliki peran yang sangat strategis dalam memperkuat pendidikan multikultural di Sekolah Dasar. Pendekatan ini tidak hanya memperkuat sikap multikultural peserta didik melalui integrasi budaya lokal dan nilai-nilai keberagaman dalam pembelajaran, tetapi juga meningkatkan motivasi, antusiasme, dan semangat belajar peserta didik. Culturally Responsive Teaching menciptakan pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan bermakna dengan menghubungkan materi dengan latar belakang budaya serta pengalaman sehari-hari peserta didik.References
Ambarwati, A., Ash-Shiddiqy, A. R., Dewi, A. S., Astuti, E. N., & Ardiyanti, S. (2025). Analisis Dampak Pendidikan Multikultural Dalam Mencegah Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 1340–1350.
Banks, J. A. (1995). Journal of Negro Education Multicultural Education and Curriculum Transformation. Source: The Journal of Negro Education, 64(4), 390–400.
Darmastuti, A. M., Sari, N. E., & Novarina, F. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 5. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 1866–1872. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.533
Febriana, Echyn., Rohana, & Nugroho. (2025). PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHINGTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MULTIKULTURAL SISWA SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 299–311.
Firdaus. (2023). Pendidikan Multikultural Kajian Histori. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 326–340. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Fitriani, R., Untari, M. F. A., & Jannah, F. M. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 11916–11924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7529
Gay, G. (2002). 2001 Aacte Outstanding Writing Award Recipient Preparing for Culturally Responsive Teaching. Journal of Teacher Education, 53(2).
Gay, G. (2015). The what, why, and how of culturally responsive teaching: International mandates, challenges, and opportunities. Multicultural Education Review, 7(3), 123–139. https://doi.org/10.1080/2005615X.2015.1072079
Hartono, K. A., Riyanti, D., & Feriandi, Y. A. (2024). Tantangan dan Hambatan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(2), 243–251.
Hasibuan, M. S., Adi, P. N., Saragih, S. Z., & Hubi, Z. B. (2024). Cultural Responsibility Teaching Sebagai Pondasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 8(2), 1450–1460.
Ialuna, F., Civitillo, S., & Jugert, P. (2024). Culturally responsive teaching, teacher-student relationship and school belongingness: A multi-informant study in ethnically diverse classrooms. Learning, Culture and Social Interaction, 47(June), 100839. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2024.100839
Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/573%0Ahttp://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573
Khan, K. S., Kunz, R., Kleijnen, J., & Antes, G. (2003). Five steps to conducting a systematic review. Journal of the Royal Society of Medicine, 96(3), 118–121. https://doi.org/10.1258/jrsm.96.3.118
Kudadiri, A. J., Siregar, G. V., Juliandi, J., Simanjuntak, L., & Pratiwi, N. A. (2023). Strategi Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural (studi Kasusdi SMPN 35 Medan). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 313–320. https://doi.org/10.37676/mude.v2i3.4025
Kusmaryani, R. E. (2006). Pendidikan Multikultural sebagai Alternatif Penanaman Nilai Moral dalam Keberagaman. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 49–56. https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5943/5137
Lapasere, S., Julianti, N., Herlina, H., Rizal, R., & Joni Guci, A. A. (2025). Pembelajaran Tanggap Budaya (Culturally Responsive Teaching) di Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 98–112. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i1.859
Nashran Azizan, & Lubis, M. A. (2025). Development of a Culturally Responsive Teaching and Learning Model Based on the Merdekan Curriculum at Madrasah Ibtidaiyah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 57–73. https://doi.org/10.30736/atl.v9i1.2331
Nur, F., Via, Y., & Daniar Meiliana, R. (2024). Implementasi Culturally Responsive Teaching Berbasis Aplikasi “BelaJARingan” untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Pemahaman Budaya Peserta didik SD. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 297–306. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.831
Nurkania, N. S., Sava, H. N., Jaya, L. A., Sutanti, A. D., & Pratama, F. R. (2025). Analisis Perkembangan Peserta Didik Berdasarkan Usia Masuk Sekolah Dasar. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4(3), 79–86. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v4i3.1837
Patras, Y. E., Japar, M., Rahmawati, Y., & Hidayat, R. (2025). Integration of Culturally Responsive Teaching Approach, Local Wisdom, and Gamification in Pancasila Education to Develop Students’ Multicultural Competence. Educational Process: International Journal, 14. https://doi.org/10.22521/edupij.2025.14.45
Ramadani, N., Widiyanarti, T., Fauziah, A., Salsabila, R. M., Firmansyah, I., Pratiwi, A., & Sagita, D. N. (2024). Menguraikan Tantangan yang disebabkan oleh Stereotip Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Interaction Communication Studies Journal, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i3.3290
Safirah, A. D., Nasution, N., & Dewi, U. (2024). Analysis of the Development Needs of HOTS-Based Electronic Student Worksheets with Culturally Responsive Teaching Approach in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 243–256. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.533
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37
Taneo, S. P., Koro, M., & Nawa, N. E. A. N. (2025). Transformasi Pembelajaran IPS SD dalam Menumbuhkan Keterampilan Sosial Abad 21 : Telaah dari Perspektif Multikultural. Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(2), 117–128.
Utari, V., Nurdalilah, Irpan Apandi, B., & Ulfa, B. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20.
Yuniati, E. S., & Fathoni, A. (2025). Implementasi Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Pancasila Untuk Memotivasi Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA Jurnal Kependidikan, 14(1), 449–460.
Zamhari, A., Oktary, H., Malinda, Muvida, L. U., Vitarika, A., & Dewi, P. N. (2025). Interaksi budaya dan bahasa di lingkungan siswa sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1476–1482.
Banks, J. A. (1995). Journal of Negro Education Multicultural Education and Curriculum Transformation. Source: The Journal of Negro Education, 64(4), 390–400.
Darmastuti, A. M., Sari, N. E., & Novarina, F. (2024). Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 5. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 1866–1872. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.533
Febriana, Echyn., Rohana, & Nugroho. (2025). PENGARUH PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHINGTERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MULTIKULTURAL SISWA SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 299–311.
Firdaus. (2023). Pendidikan Multikultural Kajian Histori. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 326–340. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.6885
Fitriah, L., Gaol, M. E. L., Cahyanti, N. R., Yamalia, N., Maharani, N., Iriani, I. T., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Fitriani, R., Untari, M. F. A., & Jannah, F. M. (2024). Implementasi Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(3), 11916–11924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7529
Gay, G. (2002). 2001 Aacte Outstanding Writing Award Recipient Preparing for Culturally Responsive Teaching. Journal of Teacher Education, 53(2).
Gay, G. (2015). The what, why, and how of culturally responsive teaching: International mandates, challenges, and opportunities. Multicultural Education Review, 7(3), 123–139. https://doi.org/10.1080/2005615X.2015.1072079
Hartono, K. A., Riyanti, D., & Feriandi, Y. A. (2024). Tantangan dan Hambatan Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Harmoni Nusa Bangsa, 1(2), 243–251.
Hasibuan, M. S., Adi, P. N., Saragih, S. Z., & Hubi, Z. B. (2024). Cultural Responsibility Teaching Sebagai Pondasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 8(2), 1450–1460.
Ialuna, F., Civitillo, S., & Jugert, P. (2024). Culturally responsive teaching, teacher-student relationship and school belongingness: A multi-informant study in ethnically diverse classrooms. Learning, Culture and Social Interaction, 47(June), 100839. https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2024.100839
Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL: Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 129–154. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Addin/article/view/573%0Ahttp://dx.doi.org/10.21043/addin.v7i1.573
Khan, K. S., Kunz, R., Kleijnen, J., & Antes, G. (2003). Five steps to conducting a systematic review. Journal of the Royal Society of Medicine, 96(3), 118–121. https://doi.org/10.1258/jrsm.96.3.118
Kudadiri, A. J., Siregar, G. V., Juliandi, J., Simanjuntak, L., & Pratiwi, N. A. (2023). Strategi Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Multikultural (studi Kasusdi SMPN 35 Medan). Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 2(3), 313–320. https://doi.org/10.37676/mude.v2i3.4025
Kusmaryani, R. E. (2006). Pendidikan Multikultural sebagai Alternatif Penanaman Nilai Moral dalam Keberagaman. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 49–56. https://journal.uny.ac.id/index.php/paradigma/article/view/5943/5137
Lapasere, S., Julianti, N., Herlina, H., Rizal, R., & Joni Guci, A. A. (2025). Pembelajaran Tanggap Budaya (Culturally Responsive Teaching) di Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(1), 98–112. https://doi.org/10.54069/attadrib.v8i1.859
Nashran Azizan, & Lubis, M. A. (2025). Development of a Culturally Responsive Teaching and Learning Model Based on the Merdekan Curriculum at Madrasah Ibtidaiyah. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 57–73. https://doi.org/10.30736/atl.v9i1.2331
Nur, F., Via, Y., & Daniar Meiliana, R. (2024). Implementasi Culturally Responsive Teaching Berbasis Aplikasi “BelaJARingan” untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Pemahaman Budaya Peserta didik SD. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 297–306. https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.831
Nurkania, N. S., Sava, H. N., Jaya, L. A., Sutanti, A. D., & Pratama, F. R. (2025). Analisis Perkembangan Peserta Didik Berdasarkan Usia Masuk Sekolah Dasar. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, 4(3), 79–86. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v4i3.1837
Patras, Y. E., Japar, M., Rahmawati, Y., & Hidayat, R. (2025). Integration of Culturally Responsive Teaching Approach, Local Wisdom, and Gamification in Pancasila Education to Develop Students’ Multicultural Competence. Educational Process: International Journal, 14. https://doi.org/10.22521/edupij.2025.14.45
Ramadani, N., Widiyanarti, T., Fauziah, A., Salsabila, R. M., Firmansyah, I., Pratiwi, A., & Sagita, D. N. (2024). Menguraikan Tantangan yang disebabkan oleh Stereotip Budaya dalam Komunikasi Antarbudaya. Interaction Communication Studies Journal, 1(3), 16. https://doi.org/10.47134/interaction.v1i3.3290
Safirah, A. D., Nasution, N., & Dewi, U. (2024). Analysis of the Development Needs of HOTS-Based Electronic Student Worksheets with Culturally Responsive Teaching Approach in Elementary Schools. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 243–256. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.533
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37
Taneo, S. P., Koro, M., & Nawa, N. E. A. N. (2025). Transformasi Pembelajaran IPS SD dalam Menumbuhkan Keterampilan Sosial Abad 21 : Telaah dari Perspektif Multikultural. Intelektual: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Mahasiswa Dan Akademisi, 1(2), 117–128.
Utari, V., Nurdalilah, Irpan Apandi, B., & Ulfa, B. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Research and Education Studies, 3(1), 11–20.
Yuniati, E. S., & Fathoni, A. (2025). Implementasi Culturally Responsive Teaching Pada Pembelajaran Pancasila Untuk Memotivasi Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA Jurnal Kependidikan, 14(1), 449–460.
Zamhari, A., Oktary, H., Malinda, Muvida, L. U., Vitarika, A., & Dewi, P. N. (2025). Interaksi budaya dan bahasa di lingkungan siswa sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dasar (JIPDAS), 5(2), 1476–1482.
Published
2025-09-20
