Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Siswa dalam Menulis Kalimat Efektif untuk Menyampaikan Gagasan dan Informasi
Abstract
Kemampuan menyusun kalimat efektif merupakan salah satu keterampilan dasar yang sangat penting bagi siswa sekolah dasar karena membantu mereka mengungkapkan gagasan dan informasi secara tepat dan mudah dipahami. Meskipun demikian, hasil temuan di kelas menunjukkan bahwa siswa kelas IV masih menghadapi berbagai kendala dalam menulis, seperti pemilihan kata yang kurang sesuai, struktur kalimat yang belum lengkap, penggunaan ejaan yang tidak baku, serta penyajian ide yang belum runtut.
Penelitian ini berfokus pada pemetaan bentuk kesulitan tersebut, mengidentifikasi faktor yang melatarbelakanginya, dan menggambarkan langkah-langkah yang dilakukan guru untuk membantu siswa
mengembangkan kemampuan menulis mereka. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen tulisan siswa di SDN 101 Lauwo Kabupaten Luwu Timur. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) hambatan utama siswa terletak pada penyusunan unsur S–P–O–K yang tidak lengkap, penguasaan kosakata yang terbatas, ide yang belum tersusun
secara logis, serta kesalahan dalam penerapan ejaan dan tanda baca; (2) penyebab kesulitan tersebut bersumber dari faktor internal, meliputi rendahnya motivasi, minimnya perbendaharaan kata, lemahnya fokus belajar, dan kurangnya kemandirian, serta faktor eksternal berupa pembelajaran yang kurang variatif, kondisi kelas yang tidak mendukung, dan kurangnya kebiasaan literasi di rumah; dan (3) guru berupaya mengatasi kendala tersebut melalui penjelasan ulang struktur kalimat, penyajian contoh yang relevan, pemberian koreksi langsung, dan pembiasaan latihan menulis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menulis kalimat efektif membutuhkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif, lingkungan literasi yang kondusif, serta kolaborasi antara sekolah dan keluarga.
References
Anugari, I. M., Putriyani, A., Azizah, W., Sriyandoyo, T. E., Rusdi, M. R., Utomo, A. P. Y., & Naryatmojo, D. L. (2024). Kualitas isi dan kalimat efektif pada teks pidato Mendikbudristek di Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 dan 2024 sebagai bahan ajar membaca siswa SMA kelas 10 | Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Dilan/article/view/824
Astuti, P., Suryaman, M., & Sari, E. S. (2025). Korelasi antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks prosedur pada siswa Kelas IV Sd Negeri 4 Buntok. AT-TAKLIM: Jurnal Pendidikan Multidisiplin, 2(6), 286–297. https://doi.org/10.71282/at-taklim.v2i6.422
Azra, F. I., & Jamil, H. (2015). PEngaruh lingkungan keluarga dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi siswa Kelas X SMK Negeri 1 Solok Selatan. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 85–98. https://doi.org/10.22202/economica.2014.v2.i2.221
Citra, D. K., & Harsono, H. (2025). Penguasaan Kosakata Siswa Tingkat Dasar melalui Teknik Literasi dan Games di SD Negeri Tanjung 4 Pademawu. Jurnal Komposisi, 10(1), 25–32. https://doi.org/10.53712/jk.v10i1.2750
Descals-Tomás, A., Rocabert-Beut, E., Abellán-Roselló, L., Gómez-Artiga, A., & Doménech-Betoret, F. (2021). Influence of Teacher and Family Support on University Student Motivation and Engagement. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(5), 2606. https://doi.org/10.3390/ijerph18052606
Febriana, I., Titania, N., Sari, R. P., Ramadhani, S., & Syalwa, Z. (2025). Analisis kesalahan ejaan bahasa indonesia dalam jurnal literasi: jurnal ilmiah pendidikan bahasa indonesia dan sastra. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(2), 3576–3585. https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/2605
Gulo, S., & Sidiqin, M. A. (2020). Kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan media gambar oleh siswa kelas x smk swasta ypis maju binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, 17(1), 20–34. https://doi.org/10.37755/jsbi.v17i1.258
Marfuah, A. L., & Ulfatun, T. (2024). Upaya Meningkatan Keterampilan Menulis menggunakan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(3), 280–289. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.492
Susanti, D. (2021). Efektivitas Kolaborasi Peran Guru dan Keluarga Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Masa Pandemi”. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 1–15. https://scholar.archive.org/work/edbklgagxjeonnoxgk5mxk32ki/access/wayback/https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/Al_Athfal/article/download/232/161
Tirangka, R. (2023). Teaching variations by teachers to increase student motivation in learning english at smpn 1 rantetayo. Teaching English as a Foreign Language Overseas Journal, 11(1), 15–24. https://doi.org/10.47178/teflo.v11i1.2066
Widiyanti, D., & Darmiyanti, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bermain Flash Card. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 4(2), 16–29. https://www.academia.edu/download/86600249/162.pdf
