Strategi Pembelajaran Nilai dan Karakter Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0
Abstract
Pendidikan karakter menghadapi tantangan dalam era Industri 4.0. Tantangan ini berwujud mulai lunturnya nilai-nilai karakter keislaman yang tergerus arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana Strategi pembelajaran nilai dan dan Karakter di Era 4.0 dalam Perspektif Islam.Metode penelitian menggunakan metode library research, yaitu mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan sebagai obyek penelitian atau pengumpulan data bersifat kepustakaan. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah pengumpulan data literar yaitu bahan-bahan pustaka yang koheren dengan objek pembahasan yang dimaksud. Analisi data dalam kajian pustaka (library research) ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis. Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran nilai dan karakter di era Industri 4.0 dapat dilakukan melalui E learning,Flipped learning, Pembelajaran daring dan pembelajaran Quantum
References
Asmara, Y. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/5kygp
Djoko Pranowo, D. (n.d.). Implementasi pendidikan Karakter Kepeduliaan dan Kerjasama pada Mata Kuliah Ketrampilan Berbicara Bahasa Prancis dengan Metode Bermain Peran. Jurnal Pendidikan Karakter, 2.
Gusal, L. O. (2015). Nilai-nilai Pendidikan Dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu. Humanika, 3 No 15.
Indri Harta, L. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0 Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Sekolah. Prosiding Senfiks (Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains) Madiun, 1 No 1.
Jalil, A. (2016). Karakter Pendidikan untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Nadwa, 6(2), 175. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.586
Johansyah, J. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ISLAM; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.63
Maragustam, M. (2019). Pembentukan Karakter Anak Bangsa Prespekstif Filsafat pendidikan Islam. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Maunah, B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615
Musrifah, M. (2016). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Edukasia Islamika, 1 No 1.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067
Ningsih, T. (2019). Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0 Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24 No 2.
Nugroho, R. J. (2019). Inovasi pembelajaran berbasis karakter di era industri 4.0. Cakrawla: Studi Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1), 75–89.
Nurkholis, N. (2103). Pendidikan Dalam Upaya memajukan Teknologi. Kependidikan, 1 No 1.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan karakter dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9 No 3.
Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1), 17. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26
Pratama Arif Noor, D. (2019). Tantangan Karakter Di Era revolusi Industri 4.0 dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzhim Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3 No 1.
Samrin, S. (2016). Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai). Al Ta’dib, 9 No 1.
Septi Wahyu, U. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan kedisiplinan Siswa. Pendidikan Unesa, 4 Nomer 1.
Setiawan, A. (2014). Prinsip Pendidikan Karakter Dalam Islam. Dinamika Ilmu, 14(1), 47–64. https://doi.org/10.1101/112268
Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori Pendidikan Dalam Al Quran. Edukasi Islam, Jurnal Pendidkan Islam, 7 No 1.
Subekti, H., Taufiq, M., Susilo, H., Ibrahim, I., & Suwono, H. (2018). Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM untuk Menyiapkan Calon Guru Sains dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 : Review Literatur. Education and Human Development Journal, 3 No 1.
Subur, S. (2017). Pendidikan Nilai: Telaah Tentang Model Pembelajaran. Pemikiran Alternatif Pendidikan STAIN Purwokertp, 12 No 1, 2.
Yahya, M. (2018). Y. Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia.