STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGGUNAKAN KOMBINASI E-LEARNING MADRASAH DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI MIPA DI MAN PURWOREJO

  • Nur Rohmah Hayati

Abstract

Abstrak

Sri Astuti Nugroho, Strategi Pembelajaran Guru PAI Menggunakan Kombinasi E- learning Madrasah dan PTMT Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas XI MIPA di MAN Purworejo. STAINU Purworejo, 2022. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi kombinasi e- learning madrasah dan PTMT pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis guna meningkatkan pemahaman siswa kelas XI MIPA di MAN Purworejo (2) Bagaimana strategi pembelajaran guru menggunakan kombinasi e-learning madrasah pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis pada siswa kelas XI MIPA di MAN Purworejo (3) Apa faktor pendukung dan penghambat kombinasi e-learning madrasah dan PTMT pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas XI MIPA di MAN Purworejo

Jenis penelitian: penelitian lapangan dan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian: guru Al-Qur’an Hadis, siswa kelas XI MIPA, Wakil Ketua Kurikulum dengan objek: segala hal mengenai strategi pembelajaran, e-learning dan PTMT. Teknik pengumpulan data: pengamatan, wawancara, dokumen. Teknik analisis data: reduksi data, display data, kesimpulan. Keabsahan data: ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Hasil penelitian (1) penerapan e-learning dan tatap muka berawal dari kondisi penyebaran covid-19 kemudian pembelajaran dilakukan secara daring/luring berdasar pada kebijakan MAN dan keputusan Kemenag. (2) strategi guru sesuai dengan RPP, guru berinovasi, berkreasi serta memotivasi siswa. (3) faktor penghambat, pendukung guru dan siswa yakni kemampuan menggunakan e-learning, karakter dalam pembelajaran, inovasi, kreasi, dan motivasi.

Published
2023-09-05
How to Cite
Hayati, N. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PAI MENGGUNAKAN KOMBINASI E-LEARNING MADRASAH DAN PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI MIPA DI MAN PURWOREJO. Al Ghazali, 6(1), 63-78. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v6i1.486