KOMPETENSI GURU MENURUT KH. YASIN ASYMUNI:
RELEVANSINYA DENGAN KODE ETIK GURU INDONESIA
Abstract
Peran pendidik dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Namun di sisi lain, masih banyak pendidik yang belum menunjukkan etika atau kompetensinya yang sesuai dengan standar profesionalisme. Oleh karena itu, diperlukan kajian mendalam terkait kompetensi guru sebagai pendidik profesional yang sejalan dengan kode etik guru. Di Indonesia, guru kode etik telah disusun dalam Kongres PGRI XVI pada tahun 1989. Selain itu, KH. Yasin Asymuni, seorang cendekiawan Muslim Indonesia, juga memberikan perhatian serius terhadap kompetensi guru. Dalam karya monumentalnya “Adab al-'Alim wa al-Muta'allim”, beliau menguraikan prinsip-prinsip nilai dan sikap yang seharusnya dimiliki oleh seorang pendidik. Tujuan kajian ini untuk mengeksplorasi pemahaman tentang kompetensi guru menurut KH. Yasin Asymuni dan menganalisis relevansinya dengan kode etik guru di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan Adab al-'Alim wa al-Muta'allim sebagai sumber utama. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kompetensi guru menurut KH. Yasin Asymuni lebih mengedepankan nilai-nilai ajaran agama dan akhlak yang mulia. Beliau mengemukakan tiga kompetensi utama yang harus dimiliki pendidik, yaitu: etika pendidik terhadap ilmu yang dimilikinya, etika pendidik dalam kegiatan belajar mengajar, dan etika pendidik terhadap peserta didiknya. Konsep kompetensi ini sangat relevan dengan kode etik guru Indonesia, khususnya dalam upaya untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan nasional.
References
Afandi. (2016). ANALISA PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK MENURUT AHMAD YASIN ASYMUNI JARUNI TELAAH KITAB TARBIYATUL WALADI TERHADAP SOLUSI PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER [PhD Thesis, Stain Kudus]. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/320
Amin, A. C., & Sueb, M. (2022). METODE PENDIDIKAN KARAKTER ISLAM MENURUT AHMAD YASIN ASYMUNI (STUDI KITAB TARBIYATUL WALAD). Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 6(2). https://www.academia.edu/download/102552980/pdf.pdf
Arfani, M. R. (2024). Posisi Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Telaah Kritis Dualisme Pendidikan Di Indonesia). Al Ghazali, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v7i1.660
Asymuni, Y. (t.t.). Adab Al-’Alim wa Al-Muta’allim. Hidayatut Thullab Petok.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (t.t.). KBBI VI Daring. Diambil 26 November 2024, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etik
Gade, S. (2015). Kode etik pendidik menurut Ibnu Jama’ah. Jurnal Pencerahan, 9(1). https://jurnal.usk.ac.id/JPP/article/view/2483
Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. https://jdih.setkab.go.id/PUUdoc/4220/UU%20NO%202%20TH%201989.pdf
Jahidi, J. (2017). Kualifikasi dan kompetensi guru. Administrasi Pendidikan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana, 2(1), 23–30.
Kholil, M. (2015). Kode Etik Guru Dalam Pemikiran Kh. M. Hasyim Asy’ari (Studi Kitab Adab Al-‘Alim Wa Al-Muta’Allim). Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 31–42.
Marjuni, A. (2020). Peran dan fungsi kode etik kepribadian guru dalam pengembangan pendidikan. Jurnal Pendidikan Kreatif, 1(1). https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/jpk/article/view/14210
Niadi, A., & Saí, M. (2023). URGENSI PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU. Al Ghazali, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v6i2.534
Sari, S. N. D. N. (2021). Implikasi konsep hak dan kewajiban suami istri dalam kitab adāb al-mu’āsharah karangan shaykh ahmad bin asmuni terhadap keharmonisan keluarga [PhD Thesis, IAIN Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/17469/1/210317202_SAYEKTI%20NUR%20DIANA%20NUPITA%20SARI_PAI.pdf
Suparta, S. (2016). Pengantar teori dan aplikasi pengembangan kurikulum PAI. http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/329/
Tafsir, A. (2004). Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, cet. IV, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Windarto, W. (2021). Kode Etik Guru Dalam Pengaplikasian Media Pembelajaran Online Pai Di Era Revolusi Industri 4.0. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 15(1), 15–27.
Zacky, A. (2016). Kode Etik Guru Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pendidik; Reaktualisasi Dan Pengembangan Kode Etik Guru Di Madrasah Aliyah Darul Amin Pamekasan. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(2), 271–292.
Zaim, M. (2020). PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY’ARI (Studi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Kitab Adab al-‘alim wa al-muta’allim): PEMIKIRAN PENDIDIKAN KH. HASYIM ASY’ARI (Studi Kompetensi Kepribadian Guru dalam Kitab Adab al-‘alim wa al-muta’allim). Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 151–170.