MEMBANGUN REPUTASI MADRASAH MELALUI TRANSFORMASI INTERNAL DAN EKSPANSI EKSTERNAL (STUDI DI MTs N 5 SRAGEN DAN DI MTs MA’ARIF KEDAWUNG SRAGEN)
Abstract
Madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam dihadapkan pada tantangan untuk tidak hanya meningkatkan kualitas akademik, tetapi juga membangun dan memperkuat citra positif di tengah persaingan antar lembaga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan citra yang diterapkan oleh MTsN 5 Sragen dan MTs Maarif NU Kedawung, khususnya melalui upaya internal dan eksternal. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana pembenahan internal dan kegiatan eksternal dapat mempengaruhi persepsi masyarakat terhadap madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari pimpinan madrasah, guru, staf, serta siswa yang terlibat langsung dalam proses peningkatan citra lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internal meliputi pembenahan sarana prasarana, peningkatan semangat siswa untuk berprestasi, dan penguatan etos kerja tenaga pendidik. Sedangkan strategi eksternal melibatkan keterlibatan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, promosi madrasah melalui media lokal, dan kerja sama dengan institusi pendidikan lain serta yayasan. Implementasi kedua strategi ini secara simultan mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat dan memperluas jangkauan madrasah dalam merekrut peserta didik baru. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara pembenahan internal dan keterlibatan eksternal dalam membangun citra madrasah yang kompetitif dan berdaya saing tinggi.
References
Abdullah. (2020). Rekonstruksi Pendidikan Islam: Menjawab Tantangan Modernitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arifin, Z. (2022, March 21). Wawancara dengan Zaenal Arifin Guru Aqidah.
Badriyah, M. (2022, March 21). Wawancara dengan Ibu Hj. Muawanatul Badriyah, S.Ag., M.Pd.I (Kepala Sekolah MTsN 5 Sragen).
Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness Through Transformational Leadership. SAGE.
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership (2nd ed.). New York: Psychology Press. https://doi.org/10.4324/9781410617095
Brown, T. J., Dacin, P. A., Pratt, M. G., & Whetten, D. A. (2006). Identity, intended image, construed image, and gnreputation: An interdisciplinary framework and suggested terminology. Journal of the Academy of Marketing Science, 34(2), 99–106. https://doi.org/10.1177/0092070305284969
Bryson, J. M. (2004). Strategic Planning for Public and Nonprofit Organizations: A Guide to Strengthening and Sustaining Organizational Achievement. John Wiley & Sons.
Darling-Hammond, L., Flook ,Lisa, Cook-Harvey ,Channa, Barron ,Brigid, & and Osher, D. (2020). Implications for educational practice of the science of learning and development. Applied Developmental Science, 24(2), 97–140. https://doi.org/10.1080/10888691.2018.1537791
Denzin, N. K. (2017). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. New York: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315134543
DiMaggio, P. J., & Powell, W. W. (2000). The iron cage revisited institutional isomorphism and collective rationality in organizational fields. In Economics Meets Sociology in Strategic Management (Vol. 17, pp. 143–166). Emerald Group Publishing Limited. (world). https://doi.org/10.1016/S0742-3322(00)17011-1
Erning. (2022, March 15). Wawancara dengan Ibu Erning bagian Kesiswaan.
Fullan, M. (2014). The Principal: Three Keys to Maximizing Impact. John Wiley & Sons.
Hemsley-Brown, J., & Goonawardana, S. (2007). Brand harmonization in the international higher education market. Journal of Business Research, 60(9), 942–948. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.01.019
Hemsley‐Brown, J., & Oplatka, I. (2006). Universities in a competitive global marketplace. International Journal of Public Sector Management, 19(4), 316–338. https://doi.org/10.1108/09513550610669176
Hopkins, D. (2003). School Improvement for Real. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203165799
Ind, N. (2007). Living the Brand: How to Transform Every Member of Your Organization Into a Brand Champion. Kogan Page Publishers.
Indarti, O. (2022, April 6). Wawancara dengan One Indarti bagian kurikulum madrasah pada 6 April 2022.
Jo Hatch, M., & Schultz, M. (1997). Relations between organizational culture, identity and image. European Journal of Marketing, 31(5/6), 356–365. https://doi.org/10.1108/eb060636
Kholidah, P. (2022, March 21). Wawancara dengan Putri Kholidah S. Guru Bahasa Arab.
Khorotunniswah, L. (2020). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Lembaga. Jurnal Kependidikan Islam, 10(2), 176–189. https://doi.org/10.15642/jkpi.2020.10.2.176-189
Koehler, M. J., Mishra, P., Kereluik, K., Shin, T. S., & Graham, C. R. (2014). The Technological Pedagogical Content Knowledge Framework. In J. M. Spector, M. D. Merrill, J. Elen, & M. J. Bishop (Eds.), Handbook of Research on Educational Communications and Technology (pp. 101–111). New York, NY: Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_9
Kotler, P., & Fox, K. F. A. (1995). Strategic Marketing for Educational Institutions. Prentice-Hall.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). USA: SAGE.
Patton, M. Q. (1999). Enhancing the quality and credibility of qualitative analysis. Health Services Research, 34(5 Pt 2), 1189–1208.
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations, 5th Edition. Simon and Schuster.
Rusmini, R., Chaniago, F., & Piola, H. (2023). Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah. ISLAMIC PEDAGOGY: Journal of Islamic Education, 1(1), 18–28. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.144
Salim, N. Z. (2022, April 10). Wawancara dengan Nur Zaidi Salim.
Sallis, E. (2014). Total Quality Management in Education. Routledge.
Samrin, S., Syahrul, S., Kadir, S. F., & Maknun, D. R. L. (2020). Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi terhadap Motivasi Belajar Siswa. Shautut Tarbiyah, 26(2), 250–271. https://doi.org/10.31332/str.v26i2.2400
Setiawan, A. (2022, April 3). Wawancara dengan Agus Setiawan Waka Humas pada 3 April 2022.
Sinambela, S. M., Lumbantobing, J. N. Y., Saragih, M. D., Mangunsong, A. F., Nisa, C., Simanjuntak, J. P., & Jamaludin, J. (2024). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Masa Kini dan Masa Yang Akan Datang: Studi Kasus di SMP N 35 Medan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 15–24. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3003
Spillane, J. P. (2006). Distributed Leadership. Wiley.
Suparno. (2022, April 4). Wawancara dengan Bapak Suparno, S.Ag. Selaku Kepala Sekolah.
Sutarto, A. (2022, April 3). Wawancara dengan Agus Sutarto Waka Sarana dan Prasarana.
Tschannen-Moran, M. (2014). Trust Matters: Leadership for Successful Schools, 2nd Edition. In John Wiley & Sons, Inc. John Wiley & Sons, Inc.
Wæraas, A., & Solbakk, M. N. (2009). Defining the essence of a university: Lessons from higher education branding. Higher Education, 57(4), 449–462. https://doi.org/10.1007/s10734-008-9155-z
Weiner, B. J. (2009). A theory of organizational readiness for change. Implementation Science, 4(1), 67. https://doi.org/10.1186/1748-5908-4-67
Yuniarto, F. (2022, April 14). Wawancara dengan Farid Yuniarto (Waka Kesiswaan).