PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MENGGUNAKAN MS.EXCEL BAGI MAHASISWA PGSD/PGMI

  • Muslimah Susilayati Tadris IPA, Institut Agama Islam Negeri Salatiga
Keywords: isyarat ilmiah, Ms. Excel, pengembangan, pembelajaran IPA terintegrasi, simulasi.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran IPA terintegrasi menggunakan Ms. Excel dan mengidentifikasi langkah-langkah yang harus disiapkan oleh mahasiswa calon guru maupun guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA menggunakan Ms. Excel. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran IPA menggunakan Ms. Excel terdiri dari 2 (dua) langkah utama secara berurutan, yaitu tahap pengembangan media pembelajaran tahap pelaksanaan pembelajaran. Tahap pengembangan media pembelajaran IPA terdiri dari 4 langkah, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Tahap pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan mengidentifikasi isyarat ilmiah pada QS. Al-A’raf ayat 54, penyampaian materi IPA, dan simulasi dengan Ms. Excel.

Published
2019-06-28
How to Cite
Susilayati, M. (2019). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MENGGUNAKAN MS.EXCEL BAGI MAHASISWA PGSD/PGMI. Al Ghazali, 2(1), 62-77. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/105
Section
Articles