IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA

  • Zainun Wafiqatun Niam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Daimah - STAI An-Nawawi Purworejo
Keywords: Problem Based Learning, Pembelajaran Al-Quran Hadis, MA Nurul Ummah

Abstract

Peran pendidikan bagi manusia, yaitu sebagai sarana menciptakan akhlak yang baik dan sebagai alat untuk memecahkan permasalahan kehidupan. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam proses pendidikan adalah model atau metode yang digunakan. Didalam proses pembelajaran tidak selayaknya keberadaan guru membuat anak didik terkungkung dan pasif. Untuk itulah dibutuhkan pendekatan pembelajaran kontekstual dan salah satu model pembelajaran kontekstual adalah Problem Based Learning (PBL). Salah satu madrasah yang telah menerapkan model PBL adalah MA Nurul Ummah Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Quran Hadis dikemas ke dalam bentuk penyajian teks, konteks dan kontekstualisasi teks, sehingga apa yang dipelajari oleh sisiwa dapat memberikan makna. Penerapan model PBL memiliki dampak terhadap internalisasi nilai agama Islam kepada siswa, diantara dampak yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan model PBL yakni siswa mampu meyakini dan menyadari akan kebenaran doktrin atau nilai agama Islam, siswa mampu dalam memahami hakikat nilai-nilai ajaran Islam serta siswa dapat menjadikan Al-Quran Hadis sebagai pedoman dalam berperilaku sehari-hari.

References

Amir, M. Taufiq, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan, Jakarta: Kencana Prenada Group, 2010.
Fachrurazi, “Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk meningkatkan kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar,”, Jurnal, 2011.
Ilahi, Muhammad Takdir, Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2012.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2010.
Sahlan, Asmaun, “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Kontekstual”, Jurnal el-Hikmah, Universitas Islam Negeri Malang.
Stanford University Newsletter On Teaching, “Problem Based Learning”, Jurnal, Stanford University, Speaking Of Teaching, 2001.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2013.
Wijaya, Cece, Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran Bandung:Rosda Karya, 1992.
Published
2022-01-07
How to Cite
Niam, Z., & -, D. (2022). IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIS TERHADAP INTERNALISASI NILAI AGAMA ISLAM DI MA NURUL UMMAH YOGYAKARTA. Al Ghazali, 4(2), 126-143. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v4i2.234