KRISIS KOMUNIKASI DALAM MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya krisis komunikasi dalam manajemen mutu pendidikan Islam sekaligus solusi mengatasinya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka dengan mengambil data dari buku, jurnal dan hasil penelitian serta kepustakaan lainnya yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa krisis komunikasi terjadi melalui beberapa tahap di antaranya; (1) tahap pre-crisis (2) tahap warning (3) tahap acute (4) tahap clean-up dan (5) tahap post-crisis. Sementara dalan menanggulangi krisis tersebut dapat dilakukan dengan enam hal di antaranya; 1) melakukan penilaian yang objektif terhadap penyebab krisis; 2) menentukan apakah penyebab terjadinya krisis memiliki dampak jangka panjang atau hanyalah fenomena sesaat; 3) perhitungkan setiap kejadian dalam krisis dengan cermat sehingga setiap peristiwa yang terjadi dapat diantisipasi dengan baik; 4) memusatkan perhatian pada upaya menyelesaikan masalah; 5) memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk memperbaiki keadaan; dan 6) segera bertindak untuk melindungi cash flow perusahaan. Melalui analisis yang mendalam terhadap krisis komunikasi dan strategi yang tepat dalam menanggulangi krisis tersebut maka manajemen mutu pendidikan Islam akan tetap terjamin.
References
Abu Bakar, Usman. (2017). “Krisis Komunikasi dalam Manajemen Mutu”, dalam PPT Modul Kuliah Manajemen Mutu Lembaga Pendidikan, Pascasarjana IAIN Surakarta.
Ardianto, Elvinaro. (2011). Handbook of Pub-lic Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Fearn-Banks,K. (1996). Crisis Communica-tion: A Case book Approach. Mahwah, NY: Lawrence Erlbaum.
Gonzales-Herrero, A and Pratt, C.B. (1995). How to Manage a Crisis Before or When-ever – Public Relations Quaterly. Spring.
Purwaningwulan, Melli Maulyn. (2016). “Public Relations dan Manajemen Krisis”, dalam Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol. 11, No. 2.
Rahman. “Krisis Pendidikan Islam”, dalam makalah (2011), diakses pada 11 April 2018 dari http://smpitpacitan.blogspot.co.id/2011/03/6-krisis-pendidikan-islam.html.
Nova, Firsan. (2011) Crisis Public Relations. Jakarta : Rajawali Pers.
Nusantara, Bina. (2018). “Strategi Menghadapi Krisis Perusahaan”, Modul Kuliah (2017), diakses pada 11 April 2018 dari http://smpitpacitan.blogspot.co.id/2011/03/6-krisis-pendidikan-islam.html.
Nuzuwirjono. (2018). “Pengertian Krisis, Manajemen Krisis, dan Faktor Penyebab Krisis”, Modul Makalah (2017), diakses pada 11 April 2018 dari http://modulmakalah.blogspot.co.id/2016/12/Pengertian-Krisis-Manajemen-Krisis-dan-Faktor-Penyebab-Krisis.html.
Panuju, Redi. (2002). Krisis Public Relations. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wasesa, Silih Agun. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.