Peran PERAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS III DAN IV SD NEGERI 2 KENTENGSARI CANDIROTO

PERAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS III DAN IV SD NEGERI 2 KENTENGSARI CANDIROTO

  • Lina Setyaningsih Lina Setyaningsih INISNU Temanggung
Keywords: iswa, youtube, surah pendek

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas siswa dalam memanfaatkan media Youtube dalam pembelajaran hafalan surah pendek. Penelitian ini menggunakan objek siswa kelas III dan IV SD Negeri 2 Kentengsari, diketahui bahwa media Youtube digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam menghafalkan surah pendek. Adapun surah pendek yang dihafalkan siswa meliputi dari An-nas hingga ‘Abasa. Dalam praktiknya ditemui bahwa terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran hafalan surah pendek tersebut. Faktor pendukung, antara lain; a) usia yang ideal, b) manajemen waktu, c) tempat menghafal yang nyaman. Sedangkan kekurangannya adalah; a) siswa terlalu asik bermain, b) adanya rasa malas pada siswa, c) kurangnya motivasi siswa dalam menghafalkan surah pendek. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai penelitian dan peningkatan pembelajaran hafalan surah pendek melalui media Youtube, sehingga hafalan surah pendek siswa dapat dimanfaatkan.

Published
2022-12-30
How to Cite
Setyaningsih, L. S. (2022). Peran PERAN MEDIA PEMBELAJARAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HAFALAN SURAH PENDEK PADA SISWA KELAS III DAN IV SD NEGERI 2 KENTENGSARI CANDIROTO. Al Ghazali, 5(2), 180-190. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v5i2.334