PERAN GURU PAI SEBAGAI MODEL DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai model dalam membentuk karakter Islami siswa. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini menganalisis bagaimana tindakan, perilaku, dan sikap guru PAI mempengaruhi pembentukan nilai-nilai keagamaan dan moral pada siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model pembelajaran PAI yang efektif dalam membentuk karakter Islami siswa.
References
Arikunto, Suharsimi. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bima Aksara.
Dimyati, & Mudjiono. (2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahturrohman, Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Refika Aditama.
Haniyyah, Z. (2021). PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMPN 03 JOMBANG. Irsyaduna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 176-184.
Lickona, T. (2004). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Lickona, Thomas. (2012). Educating for Charakter, Mendidik untuk Membentuk Karakter.Jakarta: PT Bumi Askara.
Marlinda, R. (2021). Peran guru pendidikan agama islam dalam membina karakter siswa