PENGEMBANGAN KURIKULUM PERSPEKTIF IBNU RUSYD TERHADAP MATERI ADAB KEPADA GURU

  • M. Azzam Bachtiar Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Nanda Dwi Prastiwi Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Azka Fayruza Tsaqiva Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Muhamad Zacky Ramadhani Universitas Islam Negeri Salatiga
  • Syaefudin Achmad Universitas Islam Negeri Salatiga
Keywords: curriculum development, manners towards teachers, Ibn Ruysd's perspective

Abstract

Penelitian ini membahas pengembangan kurikulum pendidikan Islam dengan fokus pada materi adab kepada guru berdasarkan perspektif Ibnu Rusyd. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya revitalisasi nilai-nilai adab dalam dunia pendidikan, khususnya hubungan antara murid dan guru yang akhir-akhir ini mengalami degradasi. Ibnu Rusyd, sebagai salah satu pemikir besar Islam, menekankan urgensi adab dan etika dalam proses pembelajaran, menempatkan guru sebagai figur sentral dalam pembentukan karakter dan intelektualitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif kepustakaan dengan pendekatan analisis deskriptif terhadap karya-karya Ibnu Rusyd dan literatur terkait pengembangan kurikulum serta adab kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi pemikiran Ibnu Rusyd ke dalam kurikulum dapat memperkuat internalisasi nilai adab kepada guru melalui perumusan tujuan, materi, strategi pembelajaran, dan evaluasi yang relevan. Implikasi dari pengembangan kurikulum ini diharapkan mampu membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga berakhlak mulia dan menghormati guru sebagai pilar utama pendidikan Islam.

References

Abror, A. (2021). Pemikiran Ibnu Rusyd tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Dunia Kontemporer. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 10(2), 128–140. https://doi.org/10.24090/jimrf.v10i2.4802

Asnawan, A., Amaliano, A. G., Nudin, I., Ghoni, M. W., & Rofik, M. (2024). Ibn Rusyd Mempertemukan Agama, Filsafat dan Sains Relevasinya dengan Pendidikan Islam. JIEP: Journal of Islamic Education and Pedagogy, 1(1), 1–12.

Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). Konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34–44.

Ikhsan, A. M., & Ramadhan, M. F. (2023). Pemikiran Ibnu Rusyd Tentang Etika Pendidikan dan Relevansinya di Era Milenial. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–16.

Masdiono, M. (2019). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 44–53. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.243

Multazam, Ikhsan, A. M., & Ramadhan, M. F. (2023). Pemikiran Ibnu Rusyd Tentang Etika Pendidikan dan Relevansinya di Era Milenial. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.58577/dimar.v5i1.95

Munawwir, M. T., & Muhid, A. (2020). Analisis Psikologi terhadap Adab-adab Guru dalam kitab Adab al-Alim wa al-Muta’allim. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 80–97.

Noorzanah, N. (2017). Konsep Kurikulum dalam Pendidikan Islam. ITTIHAD, 15(28), 68–74.

Rivaldi, R., Yahiji, K., Abdullah, A. H., & Pateda, L. (2024). Model Implementasi Kurikulum Dalam Pembelajaran Dan Implikasinya Terhadap Kepesertadidikan (Berbasis Moderasi Beragama). Journal on Education, 6(4), 21706–21715. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6106

Rusmani, M. A., & Arifmiboy, A. (2023). Evaluasi Kurikulum. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 410–415. https://doi.org/10.31004/anthor.v2i3.160

Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177

Sari, L. E., Rahman, A., & Baryanto, B. (2020). Adab kepada Guru dan Orang Tua: Studi Pemahaman Siswa pada Materi Akhlak. Edugama: Jurnal Kependidikan dan Sosial Keagamaan, 6(1), 75–92. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1251

Sari, N. E. (2023). Konsep Adab Terhadap Guru Dalam Menuntut Ilmu Perspektif KH. Hasyim Asy’ari Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Pada MA Kelas X. [PhD Thesis, IAIN Ponorogo]. https://etheses.iainponorogo.ac.id/24011/

Sarifah, L., Akmal, A. A.-G., Gunawan, A., & Gufron, I. A. (2025). Pemikiran Ibnu Rusyd tentang Pendidikan dan Relevansinya pada Masa Kini. 07(02).

Published
2025-06-25
How to Cite
Bachtiar, M., Prastiwi, N., Tsaqiva, A., Ramadhani, M., & Achmad, S. (2025). PENGEMBANGAN KURIKULUM PERSPEKTIF IBNU RUSYD TERHADAP MATERI ADAB KEPADA GURU. Al Ghazali, 8(1), 64 - 83. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v8i1.759