PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATERI AL QUR’AN DAN AL HADITS DI SD IT WAHDATUL UMMAH METRO LAMPUNG

  • Dedi Wahyudi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Rahmiyati Rahmiyati SD IT Wahdatul Ummah Metro
  • Mutiara Afifah Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: Strategi Croosword Puzzle, Al-Qur’an dan, Al –Hadist

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini merupakan penerapan strategi croosword puzzle dalam pembelajaran materi terkait Al-Qur’an dan Al-Hadits. Strategi croosword puzzle  yang merupakan istilah dari sesuatu strategi  dalam bentuk sebuah permainan teka teki silang, dalam pembelajaran yang sangatlah baik  serta juga sangatlah menyenangkan  dan tidak  akan kehilangan esensi  belajar yang ketika sedang berlangsung , dan juga pun dalam strategi ini  yang menyebabkan partisipasi  pada peserta didik  yang akan aktif pada sejak awal.  Khususnya di SD IT Wahdatul Ummah Metro, Lampung.  yang telah menerapkan sistem pembelajaran secara croosword puzzle ini yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran dengan adanya suasana yang menyenangkan serta juga mampu menciptakan  dan juga memberikan sebuah suasana yang menyenangkan  yang berfungsi supaya  siswa dan siswi tersebut  tidak merasa tegang dan juga dapat mengikuti pembelajaran  secara baik dan efesien.  Pembelajaran Al-Qur’an dan Al-Hadist ialah sebuah perpaduan yang telah mempunyai dua aktivitas, yang pertama ialah belajar, dan yang kedua ialah mengajar, pada aktivitas belajar ini mempunyai cenderung lebih mendominan pada peserta didik, sementara dari itu salah satu cara untuk mengajar  ialah secara intruksional  yang dilakukan kepada seorang guru. Pada istilah pembelajaran yaitu rangkuman dari istilah belajar dan mengajar.

Kata Kunci: Penerapan, Strategi Croosword Puzzle, Al-Qur’an dan, Al –Hadist.

 

Abstract

The background of this research is the application of the crossword puzzle strategy in learning the Qur'an and Al-Hadith. The crossword puzzle strategy, which is a term for a strategy in the form of a crossword puzzle game, is very good learning and also very fun and will not lose the essence of learning while it is in progress, and also in this strategy that causes participation of students who are will be active from the start. Especially at SD IT Wahdatul Ummah Metro, Lampung. who have implemented this crossword puzzle learning system which aims to provide learning with a pleasant atmosphere and is also able to create and also provide a pleasant atmosphere that functions so that students do not feel tense and can also participate in learning well and efficiently. Learning Al-Qur'an and Al-Hadith is a combination that already has two activities, the first is learning, and the second is teaching, in this learning activity tends to be more dominant in students, meanwhile one way to teach is instructional which is done to a teacher. In terms of learning, that is a summary of the terms learning and teaching.

Keywords: Application, Croosword Puzzle Strategy, Al-Qur'an and, Al-Hadist.

 

Published
2022-08-09
How to Cite
Wahyudi, D., Rahmiyati, R., & Afifah, M. (2022). PENERAPAN STRATEGI CROSSWORD PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN MATERI AL QUR’AN DAN AL HADITS DI SD IT WAHDATUL UMMAH METRO LAMPUNG. Al Ghazali, 5(1), 48-70. Retrieved from https://ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/296